Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belintung, menerima dana bantuan program kawasan rumah pangan lestari (KRPL) sebesar Rp500 juta.

Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan, Dinas Pangan Kabupaten Bangka, Suparjo, di Sungailiat, Senin mengatakan, dana bantuan KRPL sebesar Rp500 juta dari pemerintah pusat tersebut akan disalurkan bagi 10 desa di empat kecamatan di Kabupaten Bangka.

"Masing-masing desa yang tercatat penerima bantuan dana bantuan tersebut memperoleh bantuan sebesar Rp50 juta melalui kelompok wanita tani (KWT) desa setempat," jelasnya.

Dia mengatakan, desa penerima bantuan KRPL yang terdapat di Kecamatan Mendo Barat meliputi, Desa Rukam, Desa Air Duren, Desa Kota Kapur, Desa Mendo, Desa Penagan, Desa Cengkong Abang, Desa Marang Senang dan Desa Neknang Kecamatan Bakam, Desa Saing Kecamatan Puding Besar dan Desa Riding Panjang Kecamatan Beliyu.

"Jumlah desa penerima bantuan dana program KRPL tahun 2019 mengalami peningkatan dibandingkan kegiatan yang sama tahun 2018 yang hanya sebanyak lima desa," jelasnya.

Dia menjelaskan, program KRPL merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang secara bersama-sama mengusahakan pekarangan rumah sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan gizi.

"Melalui program ini pula sebagai upaya pemerintah baik pusat dan daerah dalam penanganan kekerdilan (stunting) atau masalah gizi," katanya.*


Baca juga: Mentan ingin bantaran Banjir Kanal Timur ditanami sayuran

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019