Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Rusia Wahid Supriyadi mendorong para pemerintah daerah, baik gubernur, bupati, maupun walikota di Indonesia untuk mempromosikan berbagai potensi ekonomi daerahnya ke Rusia melalui kegiatan Festival Indonesia di Moskow.

"Tahun ini kami mendorong para pemda dan pemprov untuk lebih ikut ambil bagian dalam Festival Indonesia di Rusia. Pasar Rusia cukup bagus dengan penduduk 147 juta orang," kata Dubea Wahid Supriyadi dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Rusia akan menggelar Festival Indonesia ke-4 di Moskow, Rusia pada 2-4 Agustus 2019 dengan tema "Visit Wonderful Indonesia: Enjoy Our Tropical Paradise", yang ditargetkan akan dikunjungi oleh sekitar 140 ribu warga Rusia.

Rangkaian acara Festival Indonesia ke-4 itu akan didahului dengan Forum Bisnis Indonesia-Rusia dan business matching pada 1 Agustus 2019 yang akan dihadiri oleh para pejabat dan pelaku bisnis kedua negara.

Pada acara festival dan forum bisnis tersebut, para pelaku bisnis Indonesia akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi, mencari peluang bisnis, dan bekerjasama dengan mitranya di Rusia.

"Untuk bisnis forum kali ini, kami meminta daftar nama perusahaan dan business line-nya. Tidak hanya UKM, industri besar juga kami libatkan," ujar Dubes Wahid.

Selain itu, para pejabat dari berbagai daerah Indonesia dapat memperkenalkan potensi daerah masing-masing, baik produk dagang, pariwisata, maupun seni budaya.

"Sebagian besar pemda di pulau Jawa, termasuk gubernurnya, ikut dalam Festival Indonesia ke-4 ini, kecuali Banten," ungkap Dubes Wahid.

Selanjutnya, Dubes Wahid juga mendorong para pejabat daerah Indonesia yang berpartisipasi dalam Festival Indonesia ke-4 di Moskow untuk berupaya menjalin atau mempererat kerja sama dengan mitranya di Rusia, baik dalam bentuk kerja sama "sister province" maupun "sister city".

Adapun para peserta dari Indonesia yang akan berpartisipasi pada Festival Indonesia ke-4 tersebut, antara lain dari kalangan usaha kecil dan menengah (UKM), pemerintah daerah, serta tim kesenian.

Festival Indonesia tahun ini di Moskow juga akan dimeriahkan dengan kelas tari dan alat musik tradisional, lokakarya batik, kelas Bahasa Indonesia, fashion show dari para perancang busana Indonesia, kelas memasak kuliner nusantara.
Baca juga: Festival Indonesia ke-4 digelar di Moskow Agustus
Sebelumnya, Festival Indonesia ke-3 pada 3-5 Agustus 2018 dikunjungi lebih dari 135 ribu warga Rusia.

Festival Indonesia ke-4 diharapkan akan lebih besar dan meriah dari festival sebelumnya karena bertepatan dengan menyongsong peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia pada 5 Februari 2020.

Festival Indonesia merupakan ajang promosi perdagangan, investasi, pariwisata dan seni budaya secara terpadu sebagai bagian dari diplomasi ekonomi Indonesia di Rusia.
Baca juga: Wonderful Indonesia dipromosikan di dua kota besar di Rusia
Baca juga: Indonesia-Rusia terus perkuat kerja sama bilateral ekonomi dan budaya

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019