Boyolali (ANTARA) - Seribuan koper jemaah calon haji (Calhaj) asal Embarkasi Surakarta yang kirim dengan truk dari daerah mulai berdatang di asrama haji Donohudan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat.

Koper Calhaj yang sudah masuk asrama haji tersebut milik rombongan kelompok terbang (kloter) pertama, kedua dan ketiga semuanya asal Kabupaten Sukoharjo, sedangkan sisanya kloter empat asal Karanganyar.

Menurut Kepala Sub Bagian Penerangan Humas dan Protokol Embarkasi Surakarta Agus Widakdo koper milik calhaj yang sudah tiba dan diterima Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta saat ini, milik empat kloter dari Sukoharjo dan Karanganyar yang totalnya ada 1.440 koper.

"Koper milik Calhaj keempat kloter tiba di asrama Donohudan secara berurutan sejak Jumat pagi hingga siang hari. Koper ini, dikirim oleh panitia daerah ke Donohudan untuk persiapan pemberangkatan jemaah ke Tanah Suci," kata Agus Widakdo.

Menurut dia, koper calhaj setibanya di asrama kemudian dilakukan pemeriksaan melalui alat x- ray untuk mengetahui barang bawaan jemaah apakah ada yang dilarang oleh pihak penerbangan atau tidak.

Ia mengatakan rombongan Calhaj kloter pertama asal Sukoharjo sebanyak 360 orang dijadwalkan tiba di asrama haji Donohudan Boyolali, pada Sabtu (6/7), sekitar pukul 08.00 WIB. Jemaah kemudian menjalani tes kesehatan terakhir sebelum masuk ke asrama untuk istirahat.

Rombongan calhaj kloter pertama tersebut kemudian akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pada Minggu (7/7), sekitar pukul 05.35 WIB. Khusus calhaj kloter pertama sebelumnya dilakukan upacara pemberangkatan di Gedung Muzdalifah asrama haji Donohudan.

"Pemberangkatan Calhaj kloter pertama Embarkasi Surakarta ini, rencana dilakukan langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Prabowo," katanya.

Rombongan calhaj kloter dua dijadwalkan diberangkatkan sekitar pukul 14.40 WIB, kemudian disusul kloter tiga pukul 17.00 WIB, dan kloter empat pada pukul 23.45 WIB

PPIH Embarkasi Surakarta dalam penyelenggaraan pemberangkatan calhaj tahun ini, sebanyak 34.171 jemaah yang terbagi menjadi 97 kelompok terbang. Jumlah calhaj sebanyak itu, terbagi asal Jateng dan D.I. Yogyakarta.

Jumlah jemaah calhaj asal Jateng sebanyak 30.931 orang yang tersebar di 35 kabupaten dan kota, sedangkan asal Yogyakarta sebanyak 3.240 jemaah.

Baca juga: Jalur darat kemungkinan ditempuh calhaj Kalteng menuju embarkasi

Baca juga: Pemkab Karawang siapkan rp1,4 miliar untuk biaya keberangkatan calhaj

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019