Calhaj dari kedua daerah itu akan digabungkan dalam kelompok terbang tujuh, dibantu oleh dua orang pemandu haji dan lima orang pertugas kloter
Sungailiat, Bangka (ANTARA) -
Calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah,  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bergabung guna mencukupi satu kelompok terbang (kloter).

Petugas Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka, Gazali di Sungailiat, Senin (8/7) mengatakan, 283 calon haji asal Kabupaten Bangka akan bergabung dengan 159 calon haji asal Kabupaten Bangka Tengah untuk menuju tanah suci Mekkah pada 13 Juli 2019 melalui embarkasi Palembang, Sumatera Selatan.

"Calhaj dari kedua daerah itu akan digabungkan dalam kelompok terbang tujuh, dibantu oleh dua orang pemandu haji dan lima orang pertugas kloter," katanya menjelaskan.

Baca juga: AP II siap layani penerbangan haji di lima bandara keberangkatan

Ia mengatakan, total jumlah yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah baik calon haji dari kedua daerah dan petugas pemandu dan kloter mencapai 450 orang.

"Semua persiapan bagi calon haji asal Kabupaten Bangka dari tahapan awal seperti pelatihan manasik dan rangkaian lainnya sudah selesai dilaksanakan termasuk kesiapan jamaah calon haji," jelasnya.

Dia menyarankan agar seluruh calon haji agar tetap menjaga kesehatan karena menjalankan rangkaian ibadah haji di tanah suci membutuhkan fisik yang benar-benar sehat.

"Kesehatan bagi calon haji harus benar-benar dinyatakan sehat, terutama pada saat puncak pelaksanaan ibadah haji," katanya.

Dia mengimbau seluruh keluarga calon haji dan masyarakat umum lainnya mendoakan keberangkatan jamaah calon haji agar berangkat sampai pulang kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji Mabrur dan Mabruroh .

Baca juga: PPIHD: 50 persen jamaah calon haji Biak Numfor berisiko tinggi
Baca juga: Embarksi Palembang berangkatkan 8.545 jamaah calon haji

Pewarta: Kasmono
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019