Seruyan (ANTARA) - Danau Sembuluh di Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan yang merupakan danau terbesar di Kalimantan Tengah dengan luas sekitar 7.832,5 hektare dan memiliki panjang 35,68 kilometer masuk program Danau Strategis Nasional.

"Pada 2019 ini Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK) RI memprogramkan 10 penyelamatan danau strategis nasional dan Danau Sembuluh menjadi salah satunya," kata Camat Danau Sembuluh Roby Kurniawan saat dihubungi dari Kuala Pembuang, Jumat.

Danau Sembuluh berperan penting bagi kehidupan masyarakat sekitar, selain sebagai tempat wisata juga sebagai sumber penghasilan nelayan dan rata-rata masyarakat sekitar danau berprofesi sebagai nelayan, seperti pembudidaya dan nelayan tangkap.

Ia menjelaskan melalui program nasional itu, danau akan dikelola dengan baik dan dipastikan keamanannya. Selain itu yang terpenting adalah menjaganya agar tetap bersih dan tidak terkena pencemaran lingkungan.

"Dengan program tersebut, danau nantinya akan dikelola secara optimal. Mulai dari tempat wisata maupun budidaya perikanannya," jelasnya.

Secara terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Seruyan Priyo Widagdo membenarkan hal itu, bahwa Danau Sembuluh menjadi salah satu danau yang masuk dalam program Penyelamatan Danau Strategis Nasional.

Pihaknya pun berharap melalui program itu, kondisi Danau Sembuluh bisa lebih baik lagi dibandingkan saat ini, hingga nantinya, fungsi dan manfaat danau baik bagi lingkungan dan juga masyarakat bisa tetap terjaga.

"Kami berharap melalui program ini, kondisi Danau Sembuluh bisa menjadi lebih baik lagi dan tetap bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat hingga di masa yang akan datang," tutur Priyo.

Baca juga: Danau Sipin dan Kerinci masuk penyelamatan danau prioritas nasional

Baca juga: Kesepakatan penyelamatan danau prioritas nasional disambut baik

 

Pewarta: Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019