counter

Menteri PPPA: Pemda perhatikan empat indikator daerah sejahtera

Menteri PPPA: Pemda perhatikan empat indikator daerah sejahtera

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise. (ANTARA/Dewanto Samodro)

Perempuan, anak-anak, penyandang disabilitas, dan lanjut usia memerlukan perhatian khusus karena memiliki keterbatasan dalam beberapa hal dengan masyarakat umum yang normal,
Palembang (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Susana Yembise meminta pemerintah daerah untuk memperhatikan empat indikator yang menggambarkan suatu daerah masyarakatnya sejahtera atau tidak.

"Empat indikator yang harus dipehatikan pemerintah daerah yakni perempuan, anak, penyandang disabilitas, dan lanjut usia (lansia)," kata dia dalam acara penyerahan anugerah penyaji karya terbaik suara anak penyandang disabilitas di Palembang, Jumat.

Untuk menunjukkan suatu daerah telah memperhatikan empat indikator daerah sejahtera yakni menyediakan transportasi khusus dan fasilitas jalan khusus bagi mereka.

Perempuan, anak-anak, penyandang disabilitas, dan lanjut usia memerlukan perhatian khusus karena memiliki keterbatasan dalam beberapa hal dengan masyarakat umum yang normal.

Perhatian pemda terhadap empat indikator tersebut sudah cukup baik terbukti ada akses jalan masuk khusus untuk penyandang disabilitas, tempat khusus di transportasi umum, bahkan ada toilet khusus di fasilitas umum.

Untuk meningkatkan perhatian pemda terhadap empat indikator daerah sejahtera itu, pihaknya berupaya melakukan berbagai kegiatan yang dapat memotivasi kepala daerah.

Melalui upaya tersebut diharapkan perempuan, anak, penyandang disabilitas, dan lanjut usia dapat menjalani kehidupan sosial dengan nyaman tanpa diperlakukan diskriminasi.

Kemudian pemerintah daerah dapat melanjutkan pembangunan sejalan dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, kata Menteri Yohana.

Baca juga: KPPPA dukung amnesti bagi Baiq Nuril

Baca juga: Menteri Yohana sebut KPPPA "kementerian air mata"

Baca juga: Menteri Yohana ingin "tenggelamkan" mafia perdagangan orang

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar