Laporan dari Kuala Lumpur

RM925 Juta dana terkait 1MDB sudah dikembalikan

RM925 Juta dana terkait 1MDB sudah dikembalikan

Menteri Keuangan Malaysia Lim Guan Eng (Foto ANTARA / IG Lim Guan Eng). (I)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Sebanyak RM925 juta dana berkaitan dengan 1MDB hasil usaha lembaga berwenang sudah dikembalikan kepada Kementerian Keuangan Malaysia.

Menteri Keuangan Malaysia, Lim Guan Eng mengemukakan hal itu kepada media di Putrajaya, Jumat.

Lembaga negara yang dimaksud termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi Malaysia (SPRM), Polisi Diraja Malaysia (PDRM) dan Kantor Kejaksaan Agung.

“Mereka bekerjasama dengan pihak pemerintah di luar negeri sedang meneruskan usaha agar dana yang diselewengkan dapat dikembalikan untuk membayar kembali hutang 1MDB berjumlah lebih RM51 miliar termasuk pinjaman yang dijamin oleh Pemerintah Federal,” katanya.

Sejauh ini, ujar dia, jumlah keseluruhan dana berkaitan 1MDB yang berhasil didapatkan kembali adalah berjumlah RM925.1 juta (termasuk RM6.1 juta yang dikembalikan kepada Yayasan 1MDB) dalam mata uang pelbagai denominasi.

Dia mengatakan uang yang dikembalikan tersebut berasal dari Singapura, Park Lane Hotel, Manhattan dan perusahaan pembuatan Red Granite (Amerika Serikat).

“Organisasi dan partai-partai politik Barisan Nasional (BN) seperti UMNO, MCA, dan SUPP telah menerima dana yang berasal dari 1MDB. Kini akun bank partai-partai politik tersebut telah dibekukan oleh KPK dalam usaha mendapatkan kembali dana tersebut,” katanya.

Baca juga: Mantan PM Malaysia Najib direncanakan disidang terkait skandal suap

Baca juga: Cara Malaysia ajak warganya bantu lunasi utang negara

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar