counter

Puskesmas Padang Pasir terima penghargaan Ramah Anak

Puskesmas Padang Pasir terima penghargaan Ramah Anak

Kepala Puskesmas Padang Pasir dr. Winanda (kiri) bersama Wali Kota Padang Mahyeldi (kanan) setelah menerima penghargaan TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018 (Antara Sumbar/Humas Pemkot Padang)

semoga nantinya akreditasi Puskesmas Padang Pasir bisa meraih akreditasi Puskesmas Paripurna
Padang, (ANTARA) - Puskesmas Padang Pasir, Kota Padang terpilih menerima penghargaan sebagai Puskesmas dengan pelayanan ramah anak terbaik tingkat nasional 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"Setelah sukses melahirkan inovasi Kelas Ibu Muda (Kelas Imud) dan diganjar penghargaan TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian PANRB di 2018, Puskesmas Padang Pasir dianugerahi penghargaan sebagai Puskesmas dengan Pelayanan Ramah Anak," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Padang Imral Fauzi di Padang, Rabu.

Menurut dia penghargaan Puskesmas Ramah Anak Terbaik Tingkat Nasional 2019 tersebut hanya diterima 21 Puskesmas dari seluruh Indonesia.

Dari Sumatera Barat, penghargaan yang sama juga diterima Puskesmas Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Penghargaan ini direncanakan akan diserahkan pada malam Penghargaan Kota Layak Anak (KLA), 23 Juli 2019 di Kota Makassar, ujar dia.

Sementara Kepala Puskesmas Padang Pasir dr Winanda mengatakan apresiasi yang diberikan terhadap Puskesmas yang ia pimpin tidak terlepas dari komitmen seluruh petugas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, terutama sebagai Puskesmas Ramah Anak.

“Dalam berbagai program, kita juga didukung oleh seluruh pihak, termasuk dari unsur masyarakat, RT/RW, kelurahan dan kecamatan, SKPD Pemko Padang dan pihak lain," ujarnya.

Ia menyampaikan Puskesmas Padang Pasir telah menerapkan berbagai inovasi, seperti penggunaan jubah ramah anak di poli yang berkaitan dengan pelayanan kepada anak, diantaranya Poli Gigi, KIA anak, Imunisasi dan UGD.

Selanjutnya, inovasi pelayanan pemisahan pendaftaran pasien anak agar tidak lama menunggu , ruang tunggu khusus anak, kampanye pemenuhan hak anak akan ASI melalui stiker ASI eksklusif (Sik Asik), Komite Sekolah Peduli Sehat di SD 22 Ujung Gurun, serta inovasi Kelas Ibu Muda (Imud) bagi yang berusia di bawah 18 tahun.

“Untuk peningkatan mutu pelayanan, inovasi-inovasi terbaru akan terus dikembangkan, termasuk pembentukan kelas tumbuh kembang anak," katanya.

Ia menambahkan dalam waktu dekat ini Kementerian Kesehatan juga akan melakukan survei reakreditasi terhadap Puskesmas Padang Pasir.

“Kita berharap dan terus berupaya, semoga nantinya akreditasi Puskesmas Padang Pasir bisa meraih akreditasi Puskesmas Paripurna. Dan menjadi satu-satunya Puskesmas Paripurna di Sumatera Barat," ujarnya.

Baca juga: Bulungan siapkan Puskesmas ramah anak
Baca juga: Menteri Yohana kunjungi Puskesmas ramah anak Kendari


 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar