counter

Info Haji

26 Juli jadwal calon haji Kotawaringin Timur diberangkatkan

26 Juli jadwal calon haji Kotawaringin Timur diberangkatkan

Jamaah calon haji Rihati, seorang penjual pencok (makanan mirip gado-gado) di Sampit, Kalimantan Tengah, dan anaknya Achmad Yadi mempersiapkan barang yang akan dibawa untuk berangkat pada musim haji 2019. (FOTO ANTARA/istimewa)

Semua persiapan sudah selesai. Syarat administrasi, pemeriksaan kesehatan, paspor dan lainnya juga sudah selesai
Sampit (ANTARA) -
Sebanyak 217 jamaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, sudah siap diberangkatkan dari Sampit menuju Embarkasi Syamsudin Noor, Kalimantan Selatan pada Jumat (26/7) nanti.

"Semua persiapan sudah selesai. Syarat administrasi, pemeriksaan kesehatan, paspor dan lainnya sudah selesai. Kami berharap jamaah selalu menjaga kesehatan agar bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kotawaringin Timur, Samsudin di Sampit, Senin.

Jamaah calhaj asal Kotawaringin Timur sebanyak 217 orang itu terdiri atas 216 calhaj dan satu orang petugas haji. Calon haji terdiri atas  99 laki-laki dan 128 perempuan.

Pemberangkatan jamaah calhaj itu rencananya dilaksanakan di Masjid Raya Wahyu Al Hadi Kompleks Islamic Center Sampit oleh Bupati Supian Hadi. Seremonial pemberangkatan dilakukan usai shalat Jumat, namun jamaah diberangkatkan setelah shalat Ashar.

Ia menjelaskan pada 2013 hingga 2018, jamaah calhaj diberangkatkan melalui jalur darat menuju Kota Palangka Raya, selanjutnya mereka diterbangkan dari Embarkasi Antara Tjilik Riwut Palangka Raya menuju Embarkasi Syamsudin Noor Kalimantan Selatan, kemudian diterbangkan ke Tanah Suci di Arab Saudi.

Pada tahun 2019, katanya, jamaah harus menempuh perjalanan darat lebih dari delapan jam dari Sampit langsung menuju Embarkasi Syamsudin Noor. Jamaah akan diangkut menggunakan tujuh bus yang dikawal polisi dan Dinas Perhubungan menuju embarkasi.

Jamaah akan masuk asrama haji pada Sabtu (27/7) pukul 08.20 Wita, kemudian melakukan proses administrasi melewati pemeriksaan barang bawaan dan lainnya. Petugas juga akan menyerahkan gelang tanda pengenal dan bekal uang sebanyak 1.500 riyal.

Ia menambahkan jamaah calhaj asal Kotawaringin Timur yang bergabung dengan jamaah asal Kabupaten Katingan, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya akan diterbangkan ke tanah suci pada Ahad (28/7) pukul 08.00 Wita.

Salah seorang calon haji, Rihati (65) mengaku sudah siap berangkat menjalankan ibadah haji. Dia akan berangkat didampingi Achmad Yadi (31), anaknya.

"Saya sudah siap. Saya sangat senang dan mudah-mudahan tetap sehat supaya bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar," kata Rihati seorang penjual pencok (makanan mirip gado-gado) di Sampit.

Sementara itu, pada Senin ini calhaj mulai menyerahkan koper berisi barang bawaan mereka kepada petugas haji Kementerian Agama Kotawaringin Timur. Barang bawaan diserahkan lebih dulu karena akan diangkut menggunakan angkutan terpisah sehingga harus disiapkan lebih awal, demikian Samsudin.


Baca juga: 8 jam, jamaah calon haji Kotawaringin Timur tempuh jalan darat

Baca juga: Kotawaringin Timur tanggung biaya transportasi lokal calon haji

Baca juga: Kemenag nyatakan paspor jamaah calon haji Kalteng siap

Jelang bertemu Kalteng Putra, Persib minta dukungan Bobotoh

Pewarta: Kasriadi/Norjani
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar