Jakarta (ANTARA) - Diana Dewi, CEO dari tiga perusahaan di bidang trading dan logistik ini mendeklarasikan dirinya untuk maju sebagai calon ketua umum Kamar Dagang dan Industri Jakarta Raya (Kadin Jaya) periode 2019-2024 untuk bersaing dengan tujuh kandidat lainnya setelah mendapat dukungan 85 persen pengurus dan anggota.

"Salah satu agenda kalau saya memimpin Kadin Jaya adalah memberdayakan usaha kecil dan menengah serta koperasi untuk mendorong ekonomi di DKI Jakarta," kata Diana Dewi yang juga menjabat sebagai Sekjen di DPP Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) saat deklarasi dirinya di Royal Kuningan Hotel Jakarta, Senin malam.

Baca juga: Triplogic dan ITB kembangkan UKM dan startup digital

Baca juga: Pemerintah tingkatkan kualitas data koperasi nasional melalui ODS

Baca juga: Pelaku UKM didorong kuasai pasar dalam negeri



Diana mengatakan salah satu kendala dari UKM dan koperasi di Indonesia adalah mengikuti perkembangan ekonomi yang demikian cepat dengan masuknya Indonesia ke era industri 4.0.

"Kalau saya melihat pengembangan ekonomi digital di Kadin Jaya saat ini belum maksimal terutama bagi UKM dan Koperasi, sehingga ini menjadi salah satu program utama saya yakni mengembangkan aplikasi yang dapat dimanfaatkan UKM dan koperasi," kata Diana.

Diana juga menyampaikan pentingnya akses permodalan bagi sektor UKM dan koperasi, serta itu menjadi program selanjutnya untuk memberikan edukasi serta mengembangkan lembaga keuangan yang mampu mendukung UKM dan koperasi.

Langkah berikutnya yang juga menjadi program Diana adalah menggandeng dan berkerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk membangun ekonomi di wilayah ini agar tetap stabil.

"DKI Jakarta itu merupakan kota perdagangan dan jasa untuk itu membutuhkan iklim agar sektor tersebut dapat tumbuh dan berkembang serta menjadi kiblat bagi kota-kota besar lainnya," kata Diana.

Ketua Dewan Penasihat Kadin Jaya Aip Syarifuddin yang hadir dalam deklarasi itu mengingatkan kepada Diana untuk tetap menjalin hubungan dengan Pemprov DKI Jakarta apabila terpilih nantinya, mengingat banyak anggota Kadin Jaya yang selama ini sudah menjalin kerja sama kemitraan dengan pemerintah setempat.

Sedangkan Wakil Ketua Dewan Penasihat Kadin Jaya Dhaniswara K. Harjono menyampaikan sebagai pengusaha, ilmu Diana Dewi sudah melampaui senior-seniornya sehingga sudah sewajarnya kalau ikut dalam bursa calon ketua umum.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua Umum Kadin Jaya, Sarman Simanjorang yang melihat Diana Dewi sebagai sosok pekerja keras serta telah memiliki pengalaman dan sukses dalam memimpin sejumlah organisasi.

Ketua DPP APJI, Rahayu Setiowati yang hadir dalam acara deklarasi tersebut mengatakan, loyalitas Diana Dewi terhadap organisasi tidak diragukan lagi termasuk untuk memberikan dukungan permodalan untuk setiap penyelenggaraan kegiatan.

Diana Dewi yang juga pengurus di Asosiasi Pengusaha Pengolahan Daging Skala UKM dan Rumah Tangga (ASPEDATA) telah menjalankan program kemitraan dengan UKM dan koperasi khususnya pengolahan daging sapi.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019