counter

PLN kenalkan mobil listrik Kasuari di Merauke

PLN kenalkan mobil listrik Kasuari di Merauke

Mobil listrik sedang mengisi bahan bakar (energi listrik) di SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) Sota, Kabupaten Merauke, Papua (Dokumentasi PLN Papua)

Jayapura (ANTARA) - PLN memperkenalkan mobil listrik Kasuari dan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) kepada masyarakat di Sota, Kabupaten Merauke, Papua melalui program PLN ITS Explore Indonesia di mana kegiatannya dimulai dari Surabaya hingga ke Kota Rusa yang menempuh perjalanan sejauh 14 ribu kilo meter.

Agus Mukhlisin Ketua Tim PLN ITS Explore Indonesia kepada Antara di Jayapura, Sabtu, mengatakan kegiatan ini merupakan kerja sama antara PLN dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) untuk memperkenalkan sekaligus melakukan uji coba mobil listrik keliling Indonesia, di mana dalam pembuatannya 80 persen komponennya merupakan karya anak bangsa.

"Perjalanan kami hingga sampai ke Merauke ini dimulai pada Desember 2018, selama kurang lebih delapan bulan kami telah melewati pulau-pulau besar di Indonesia, mulai dari ujung barat hingga tiba di Merauke," katanya.

Menurut Agus, mobil Kasuari ini tiba di pelabuhan Merauke pada Kamis (1/8) dan melakukan pengisian daya (charging) di PLN UP3 Merauke sebelum menuju Sota keesokan harinya dari Kantor Bupati Merauke, di mana perjalanan menuju perbatasan negara dilepas langsung oleh Bupati Merauke Frederikus Gebze.

"Mobil listrik ini diklaim lebih hemat energi ketimbang mobil konvensional pada umumnya sehingga, dari sisi biaya bahan bakar pun dapat lebih efisien," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk 1 kwh, mobil listrik bisa menempuh 5-6 kilo meter, perbandingannya bila mobil konvensional berbahan bakar bensin menempuh 10 km (dengan biaya yang sama) maka mobil listrik bisa sampai 25 km, sementara untuk pengisian daya dari nol hingga terisi penuh membutuhkan waktu empat jam.

"Dengan potensi semakin berkembangnya kendaraan listrik di masa datang, PLN pun telah menyediakan SPLU di banyak lokasi, total PLN UIWP2B telah memasang 65 titik di Papua dan Papua Barat, jumlah itu akan semakin bertambah seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat akan SPLU," katanya lagi.

Dia menambahkan selain itu, untuk memperkenalkan mobil Kasuari dan kendaraan listrik lainnya kepada masyarakat, PLN mengadakan kegiatan bernama "SPLU of Things" di halaman Kantor Bupati Merauke pada Sabtu (3/8), dalam acara tersebuy juga diadakan demo penggunaan kompor induksi dan uji coba kendaraan listrik lainnya.

Baca juga: Gubernur pastikan kendaraan listrik tidak terkena aturan ganjil genap

Baca juga: Pengamat: Perpres mobil listrik tidak akan matikan kebijakan B20

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar