counter

Ketua KWI pimpin Misa Arwah Mgr John Saklil

Ketua KWI pimpin Misa Arwah Mgr John Saklil

Mendiang Uskup Timika, Mgr. Yohanes Philipus Gaiyabi Saklil. ANTARA/Dokpen KWI/am.

Timika (ANTARA) - Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Ignatius Soeharyo SJ yang juga Uskup Keuskupan Agung Jakarta menjadi konselebran utama saat perayaan misa arwah dan pemberkatan jenazah Mgr John Philip Saklil Pr beratmpat di Gereja Katedral Tiga Raja Timika, Rabu.

Misa Konselebrasi adalah misa yang dipimpin oleh uskup atau pastor yang dalam suatu perayaan liturgi dalam Gereja Katolik Roma. 

Misa arwah dan pemberkatan jenazah Mgr John Philip Saklil Pr, Uskup Keuskupan Timika yang meninggal pada Sabtu (3/8) dihadiri sejumlah uskup dan puluhan pastor serta ribuan umat Katolik.

Mgr Soeharyo mengatakan kehadiran ribuan umat Katolik maupun umat dari berbagai agama di Gereja Katedral Tiga Raja Timika, tempat jenazah Mgr John Saklil disemayamkan sejak Minggu (4/8) menunjukkan kecintaan yang begitu besar dari umat kepada Uskup Saklil yang lahir di Kampung Umar Ararau, Mimika Barat pada 20 Maret 1960 itu.

Meski dalam suasana duka, Mgr Soeharyo mengajak umat Katolik Keuskupan Timika tetap bersyukur atas karya kehidupan yang Tuhan anugerahkan kepada Mgr John Saklil.

Sementara, Mgr Aloysius Moerwito OFM, Uskup Keuskupan Agats Asmat dalam khotbahnya mengapresiasi kehadiran umat Katolik yang membludak di Gereja Katedral Timika selama persemayaman jenazah Mgr John Saklil.

"Beberapa hari ini gereja dipadati oleh banyak orang yang datang karena banyak orang mengenal Uskup John Saklil," kata Mgr Moerwito.

Tahun 1976 Mgr Moerwito mengaku menjalani Tahun Orientasi Pastoral/TOP sebagai calon imam di Kokokao, tempat orang tua Mgr John Saklil berkarya sebagai guru.

Dalam kondisi serba sulit dan alamnya yang menantang, katanya, orang tua Mgr John Saklil betah bertugas di tengah masyarakat Suku Kamoro.

"Sosok Uskup John terbentuk sejak awal di tanah kelahirannya di tengah-tengah Suku Kamoro Mimika. Kalau ada goyang tarian, dengan sosok tubuhnya yang begitu tinggi lengkap dengan jubahnya Uskup John begitu muda mengikuti gerak musik, lagu berbaur bersama umat. Pengalaman masa kecilnya hidup dan dibentuk bersama masyarakat Suku Kamoro yang suka musik, goyang seka dengan tifa, gitar, itu pula yang membentuk karakter Uskup John," tutur Mgr Moerwito mengenang sosok Mgr John Saklil.

Setelah perayaan misa arwah dan pemberkatan jenazah Mgr John Saklil di Gereja Katedral Tiga Raja Timika, selanjutnya jenazah Mgr John Saklil akan diarak umat menuju tempat pemakaman para pastor Keuskupan Timika di belakang Kantor Keuskupan Timika Kompleks Rumah Transit Bobaigo SP2 Timika, Rabu petang.

Baca juga: Uskup Timika John Saklil meninggal dunia

Baca juga: Uskup Saklil sempat jatuh sebelum dilarikan ke RSMM Timika

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar