counter

Ribuan umat Katolik antar Mgr Saklil ke pemakaman

Ribuan umat Katolik antar Mgr Saklil ke pemakaman

Rombongan para uskup dan pastor mengelilingi peti jenazah almarhum Mgr John Philip Saklil Pr sebelum diberangkatkan menuju tempat pemakamannya di belakang Kantor Keuskupan Timika, Kompleks Rumah Transit Bobaigo SP2, Rabu (7/8). (ANTARA News Papua/Evarianus Supar)

Umat Katolik berjalan kaki dari Gereja Katedral Tiga Raja Timika menuju lokasi pemakaman almarhum Mgr John Philip Saklil sejauh lebih dari lima kilometer di bawah guyuran hujan gerimis.
Timika (ANTARA) - Ribuan umat Katolik mengantar almarhum Mgr John Philip Saklil Pr, Uskup Keuskupan Timika dari Gereja Katedral Tiga Raja menuju tempat pemakamannya di belakang Kantor Keuskupan Timika Kompleks Rumah Transit Bobaigo SP2, Rabu petang.

Sebagaimana pantauan Antara, umat Katolik berjalan kaki dari Gereja Katedral Tiga Raja Timika menuju lokasi pemakaman almarhum Mgr John Philip Saklil sejauh lebih dari lima kilometer di bawah guyuran hujan gerimis.

Kehadiran umat yang begitu banyak membuat pihak keamanan menutup total arus lalu lintas di dua sisi Jalan Cenderawasih mulai dari depan Gereja Katedral Tiga Raja hingga Rumah Transit Bobaigo SP2.

Sementara peti jenazah almarhum Mgr John Saklil dibawa menggunakan mobil ambulans diikuti mobil yang ditumpangi Ketua Konferensi Wali gereja Indonesia/KWI Mgr Ignatius Suharyo dan sejumlah uskup, keluarga dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal beserta sejumlah pejabat teras lainnya.

Baca juga: Almarhum Mgr Saklil disemayamkan di Kapel Keuskupan Timika

Perjalanan dari Gereja Katedral Tiga Raja Timika menuju lokasi pemakaman almarhum Mgr John Saklil menempuh waktu sekitar dua jam. Begitu tiba di lokasi pemakaman langsung digelar upacara pemakaman almarhum Mgr John Philip Saklil yang dimakamkan di samping sejumlah pastor yang telah meninggal sebelumnya seperti almarhum Pastor Jack Motte Pr, almarhum Pastor Nato Gobay Pr, almarhum Pastor Carlos Rettob dan lainnya.

Seluruh warga yang hadir larut dalam suasana duka, sebagian besar dari mereka tampak menitikan air mata.
Ribuan umat Katolik menghadiri misa penghormatan dan pemberkatan jenazah almarhum Mgr John Philip Saklil Pr di Gereja Katedral Tiga Raja Timika, Rabu (7/8). (ANTARA News Papua/Evarianus Supar)


Sebelumnya digelar misa arwah untuk penghormatan dan pemberkatan jenazah almarhum Mgr John Saklil bertempat di Gereja Katedral Tiga Raja Timika.

Perayaan misa dipimpin oleh konselebran utama yaitu Mgr Ignatius Suharyo yang didampingi empat orang uskup dan puluhan pastor.

Mgr Suharyo mengaku merasakan betul perasaan umat Keuskupan Timika serta masyarakat adat setempat yang kehilangan tokoh dan figur panutannya yaitu almarhum Mgr John Philip Saklil.

"Dalam keadaan seperti ini, satu-satunya kita bersandar kepada penghibur yang tidak pernah hilang yaitu penghiburan iman. Selama hidupnya, Mgr John meyakini betul bahwa Yesus adalah jalan kebenaran dan hidup, jalan yang membawa orang beriman sampai kepada Bapa," kata Mgr Suharyo yang juga merupakan Uskup Keuskupan Agung Jakarta itu.

Baca juga: Uskup Saklil sempat jatuh sebelum dilarikan ke RSMM Timika
Baca juga: Uskup Timika John Saklil meninggal dunia

 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar