Manado (ANTARA News) - Sedikitnya 24 rumah di Kota Manado, Sulawesi Utara, rusak diterjang tanah longsor Minggu, setelah hujan mengguyur daerah itu sejak Sabtu (22/11).

Kepala Dinas Sosial Manado J Kowaas di Manado Minggu mengatakan, tanah longsor di Manado terjadi di sembilan kelurahan, 10 rumah rusak ringan, 13 rumah rusak berat, dan satu rumah rusak total.

Tanah longsor tersebut masing-masing terjadi di Kelurahan Paal IV, Kelurahan Kombos Timur, Kelurahan Taas, Kelurahan Mahakeret Timur, Kelurahan Malendeng, Kelurahan Lawangirung, Kelurahan Perkamil, Kelurahan Dendengan luar dan Kelurahan Tanjung Batu.

Dalam peristiwa tersebut tiga orang warga terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka, dan tidak ada korban tewas dalam kejadian itu.

Pemerintah telah melakukan tanggap darurat dengan memberikan bantuan kepada warga yang mengalami bencana tanah longsor tersebut.

"Warga yang mendiami daerah rawan bencana longsor dan banjir juga telah diimbau untuk waspada terhadap kondisi cuaca yang kurang bersahabat akhir-akhir ini," katanya.

Selain tanah longsor curah hujan yang tinggi tersebut juga menyebabkan 33 unit rumah di Kelurahan Taas dan Kelurahan Malendeng Kecamatan Tikala, tergenang air.
(*)