Paris (ANTARA News) - Bank-bank terkemuka Perancis menuntut miliaran dolar (euro) dari pengelola bank investasi Wall Street yang gagal, Lehman Brothers, dokumen resmi yang dikeluarkan Jumat menunjukkan.

BNP Paribas mengklaim sekitar 1,3 miliar dolar AS, Societe Generale 800 juta dolar AS dan Dexia 400 juta dolar AS, menurut perhitungan AFP didasarkan atas dokumen-dokumen untuk pengelola yang dipublikasikan di situs EPIQ Systems.

Bank Perancis lainnya dan perusahaan asuransi mengklaim ratusan juta dolar AS. Batas waktu untuk klaim yang ditetapkan oleh pengadilan kebangkrutan AS 22 September, lebih dari setahun setelah kegagalan mengguncang Lehman Brothers.

Kebangkrutan Lehman pada 15 September 2008 menabur kepanikan di ruang rapat, kantor-kantor pemerintah dan rumah tangga di seluruh dunia dan telah datang untuk melambangkan awal dari kemerosotan curam yang menjerumuskan ekonomi global ke dalam resesi.

"Seperti kreditor lain, kita terlibat dalam suatu prosedur untuk mengembalikan utang kami," kata seorang jurubicara Dexia Namun tidak mengkonfirmasi jumlah yang dicari.

Seorang juru bicara perusahaan asuransi Axa Perancis, yang sedang mencari 186 juta dolar AS sesuai dengan dokumen yang dikeluarkan Jumat, mengatakan: "Kami menderita kerugian."

BNP Paribas dan Societe Generale menolak untuk mengomentari klaim mereka sendiri.  (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009