Khartoum, (ANTARA News) - Partai Kongres Nasional (NCP), yang berkuasa di Sudan, Minggu, mengecam keputusan pemerintah AS untuk memberlakukan larangan perjalanan buat pemimpin politik di Sudan, Kenya dan Zimbabwe.

"Keputusan ini jelas menunjukkan bahwa pemerintah saat ini Presiden AS Barack Obama mengikuti langkah yang sama dengan pemerintah sebelumnya presiden George W. Bush," kata Sekretaris Politik NCP Mohamed Mandour Al Mahdi, sebagaimana dikutip dari  Xinhua-OANA

"Pemerintah AS ingin menekan Sudan melalui cara baru," tambahnya.

Pemerintah AS, Sabtu, memberlakukan pembatasan perjalanan atas politisi dari ketiga negara Afrika tersebut ke Amerika Serikat.

Al Mahdi mengatakan ia tidak optimiss bahwa peningkatan hubungan antara Khartoum dan Washington mungkin terjadi, dan mengatakan, "Ada tanda yang tak mendorong optimisme, termasuk pendirian yang bertolak-belakang oleh AS dan utusannya Scott Gration".

"Pusat pembuat keputusan AS telah dipengaruhi oleh lobi Zionis, yang secara keras memusuhi Sudan dan bekerja untuk memisahkan Sudan utara dari selatan serta mensahkan jalur pemisahan," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009