Medan,(ANTARA News) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan mengerahkan 100 personil marinir untuk menjaga dua pulau terluar di daerah itu.

Komandan Lantamal I Belawan Laksmana Pertama TNI Syarif Husain di Medan, Senin, mengatakan, dua pulau terluar itu adalah Pulau Rondo yang berada di ujung Pulau Sabang, Nanggroe Aceh Darusslam dan Pulau Berhala yang berada di perairan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumut.

"Sebanyak 50 personil marinir di Pulau Rondo dan 50 marinir lagi di Pulau Berhala," kata Syarif Husain usai menjadi inspektur upacara dalam peringatan upacara HUT TNI ke-64 di Lapangan Benteng Medan.

Menurut dia, Pulau Rondo dan Pulau Berhala perlu dijaga karena berada cukup jauh dan wilayah di perairan yang selalu dikunjungi negara tetangga.

Disebabkan sering dikunjungi pihak-pihak asing, Pulau Rondo dan Pulau Berhala juga perlu dijaga untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, dua pulau tersebut perlu dijaga dengan personil TNI karena bagian dari wilayah kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Operasional penjagaan dua pulau terluar itu berada di bawah komando Pangdam I Bukit Barisan," katanya.

Selain penjagaan, kata dia, pihaknya juga juga rutin melakukan patroli di setiap perairan Sumut untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan lain seperti perompakan.

"Kita (melakukan) patroli 24 jam. (Kegiatan itu) bisa dilihat di Belawan," kata Komandan Lantamal II Padang tersebut.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009