Jakarta (ANTARA News) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menginvestasikan dua juta dollar AS untuk membangun super portal pada kuartal II 2010.

"Peluncuran awal (soft launching) akan dilakukan November 2009, selanjutnya komersial pada kuartal II tahun depan," kata Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah di Jakarta, Senin.

Rinaldi menjelaskan, pengembangan super portal bagian dari implementasi transformasi bisnis Telkom yang sebelumnya berbasis telekomunikasi dan informasi menjadi lebih luas, yaitu Telecommunication, Information, Media, dan Edutainment (Time).

Super Portal merupakan situs yang memuat antara lain informasi berbasis e-commerce, aplikasi games, dan entertaintment.

"Aplikasi yang diandalkan dari super portal ini adalah e-commerce," katanya.

Menurut Rinaldi, pengembangan super portal tersebut dilakukan melalui anak usaha Telkom, Metranet.

"Investasi sebesar dua juta dolar AS sebagian besar akan digunakan untuk sumber daya manusia, membangun aplikasi, dan pemasaran," ujarnya.

Sedangkan penyediaan kapasitas infrastruktur bandwidth dan backbone tetap menyewa kepada induk perusahaan Telkom.

Lebih lanjut dikatakan Rinaldi, pada masa depan perseroan akan mengandalkan bisnis internet sebagai sumber pendapatan selain seluler.

Pada kuartal III 2009, layanan seluler melalui anak usaha PT Telkomsel mencatat pendapatan sebesar Rp21,04 triliun, naik 15,1 persen dibanding periode sama 2008 Rp18,280 triliun.

Sedangkan pendapatan dari layanan data, internet, dan jasa teknologi informasi berkontribusi sebesar Rp12,42 triliun.

"Langkah Telkom bertransformasi sudah sesuai dengan tren yang terjadi. Jika ada suara yang meminta Telkom fokus mengembangkan backbone itu akan menguntungkan pesaing," ujarnya.

Ditambahkan Rinaldi, transformasi bisnis Telkom merupakan salah satu strategi perseroan mengantisipasi turunnya jasa telepon kabel. (*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009