Jakarta, (ANTARA News) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengatakan sampai saat ini, sedikitnya ada 989 TKI bermasalah yang berada di Kuwait dan Arab Saudi.

Menakertrans dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI yang dipimpin oleh Ketua Komisi IX Ribka Tjiptaning di Jakarta, Rabu, terrdapat 686 TKI bermasalah berada di penampungan perwakilan RI di Kuwait.

Penyelesaian yang dilakukan Depnakertrans yaitu melakukan koordinasi dengan lintas sektor terkait dalam rangka penyelesaian masalah dan pemulangan.

Pemulangan TKI tergantung dari exit permit yang dikeluarkan oleh pemerintah Kuwait.

Untuk mencegah kasus serupa maka perundingan bilateral akan dipercepat untuk mencapai kesepakatan dalam penempatan dan perlindungan TKI di Jakarta.

Sedangkan di Arab Saudi ada 303 TKI yang bermasalah berada di penampungan perwakilan RI di Arab Saudi, yang terdiri 148 orang di Jeddah dan 155 orang di Riyadh.

Penyelesaian yang dilakukan dengan melakukan koordinasi dengan lintas sektor terkait dalam rangka penyelesaian masalah dan pemulangan TKI. Departemen melakukan koordinasi dengan kantor perwakilan RI di Jeddah dan Riyadh.

Mengenai Moratorium penempatan TKI sektor Domestik ke Malaysia yang masih berlaku, Menteri mengatakan akan mempercepat penyelesaian revisi MoU melalui Joint Working Group.(*)

 
 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009