Jayapura (ANTARA News) - Dari total 91 Sekolah Dasar (SD) di Kota Jayapura, Papua, sebanyak 17.099 siswa diantaranya akan menerima imunisasi campak dan polio pada bulan November ini.

"Bulan ini kami telah melakukan pemberian imunisasi kepada sebanyak 17.099 anak-anak SD dari total 91 SD yang ada di Kota Jayapura," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura drg. Sujono Angkasa, M.Ph, yang diwakili Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Korneles Rumatray. SKM, M.Kes., di Jayapura, Jumat.

Ia menjelaskan dari total pemberian imunisasi tersebut terbagi lagi dalam beberapa kelas, yakni untuk kelas I SD sebanyak 5.765 siswa, kelas II SD berjumlah 5.412 dan untuk kelas III SD tercatat 5.922 anak. "kami memberikan imunisasi hanya pada kelas I hingga kelas III SD, dengan ketentuan walaupun pernah mereka medapatkan imunisasi sejak kecil, namun diberikan lagi," terang Rumatray.

Dirinya menambahkan imunisasi yang dilakukan bertujuan untuk memberikan kekebalan pada anak yang usinya 5 sampai 6 tahun.

"Untuk anak yang berumur 5 tahun hanya khusus di Taman Kanak-kanak (TK) dan usia 6 tahun bagi anak-anak SD," ujarnya.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, selain imunisasi bagi anak-anak SD, juga diberikan campak dan polio kepada 52 TK yang ada di Kota Jayapura. Hal ini menurutnya, dilakukan akibat berkurangnya kekebalan tubuh pada anak-anak, walau pernah di imunisasi, sehingga diberikan lagi, untuk mencegah kelumpuhan mendadak pada anak.

Dari informasi yang diterima juga di jelaskan bahwa selain memberikan imunisasi bagi anak-anak SD, juga diberikan imunisasi campak dan polio bagi anak-anak TK serta pemberian vaksin Tetanus Toksoid (TT) khusus pada ibu-ibu hamil.

Ketika ditanya soal kendala yang dialami selama kegiatan ini, Ramatray menjawab, pihaknya tidak menemukan kendala yang berarti, sebab jangkauan kesekolah- sekolah dapat dilakukan dengan mudah, selain sebelumnya pihak Dinkes juga telah memberikan informasi yang dibutuhkan.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009