Surabaya (ANTARA News) - Produsen peralatan teknologi informasi Hewlett-Packard (HP) terus memperluas wilayah pemasaran produknya di sejumlah kota besar di Indonesia untuk memperkuat penetrasi pasar.

Direktur Pengembangan Bisnis HP Regional Indonesia, Rita Panambunan yang dihubungi wartawan di Surabaya, Kamis, menjelaskan selain melakukan penetrasi pasar, pihaknya juga terus melakukan berbagai inovasi produk, mulai dari produk untuk segmen bawah hingga atas.

"Sejauh ini penguasaan pasar produk kami di Indonesia terus meningkat dan itu tidak lepas dari penetrasi yang dilakukan. Kami juga gencar melakukan `road show` ke beberapa kota untuk memperkenalkan produk-produk terbaru," katanya.

Mengutip laporan International Data Corporation (IDC) hingga kuartal ketiga tahun ini, pangsa pasar HP untuk katagori produk PC (personel computer) dan "notebook" telah mencapai 20,6 persen.

Angka itu lebih tinggi dibanding perusahaan pesaing sejenis, termasuk Acer yang menjadi pemimpin pasar selama dua tahun terakhir untuk kedua jenis produk tersebut.

"Itu artinya sekarang HP menjadi `market leader`. Laporan terbaru dari IDC akan segera keluar," tambah Rita Panambuan.

Ia menambahkan penjualan produk HP di Indonesia mengalami pertumbuhan cukup pesat. Misalnya di wilayah Jawa Timur dan Bali, perusahaan ini mencatat pertumbuhan untuk penjualan PC dan notebook sekitar 16 persen. Sementara khusus notebook, pertumbuhan di kisaran angka 38 persen.

Sementara pertumbuhan penjualan produk yang sama di Jawa Tengah sekitar 45 persen dan tertinggi dibukukan dari wilayah Sulawesi yang mencapai 126 persen.

"Pertumbuhan penjualan di Jatim dan Bali memang tidak secepat kawasan lain, karena persaingan pasarnya memang cukup ketat. Penjualan di wilayah Sulawesi bisa begitu tinggi, karena pasar itu relatif baru buat kami," kata Rita Panambuan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009