Seoul (ANTARA News)- Korea Utara (Korut) siap memperbaiki dan memulihkan hubungan bahkan dengan negara-negara seterunya jika mereka mengubah kebijakan-kebijakan mereka, kata media pemerintah, Kamis.

Isyarat yang agaknya ditujukan pada Amerika Serikat itu tertuang dalam sebuah komentar di surat kabar Rodong Sinmun milik partai komunis Korut yang berkuasa dan dikutip AFP.

"Sikap yang tidak dapat diubah DPRK (Korut) adalah memperbaiki dan memulihkan hubungan bahkan dengan negara-negara yang punya hubungan bermusuhan dengannya di masa lalu jika mereka mengubah kebijakan permusuhan mereka terhadap Korut dan menghormatinya," kata surat kabar itu.

Komentar itu menyusul tajuk rencana Tahun Baru tentang satu kebijakan oleh surat kabar pemerintah yang menyerukan diakhirinya hubungan bermusuhan dengan Washington dan berikrar akan berkerja sama dengan Washington bagi terwujudnya semenanjung Korea yang bebas dari senjata nuklir.

Sikap konsisten DPRK untuk mewujudkan sistem perdamaian yang kekal di Semenanjung Korea dan menjadikan kawasan itu bebas senjata nuklir melalui dialog dan perundingan," kata tajuk rencana itu .

Korut meninggalkan perundingan enam negara menyangkut perlucutan senjata nuklir April tahun lalu sebagai protes sanksi internasional atas peluncuran roket jarak jauhnya . Pada Mei tahun lalu negara itu juga melakukan uji coba senjata nuklir keduanya.

Utusan AS Stephen Bosworth mengunjungi negara komunis itu bulan lalu, kontak langsung pertama antara Washington dan Pyongyang selama pemerintah Presiden AS Barack Obama.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010