Jakarta (ANTARA News)- Sebuah robot yang bisa membangun emosi dan membentuk ikatan dengan manusia telah diciptakan oleh para ilmuwan di University of Hertfordshire, Inggris.

Robot yang dinamai Nao itu didesain lengkap dengan mimik untuk menampilkan emosi seperti seorang anak berusia satu tahun dan bisa membentuk ikatan dengan orang yang memperlakukannya dengan baik.

Nao dilengkapi dengan kemampuan untuk berekspresi dan berprilaku sama dengan yang digunakan seorang bayi untuk belajar berinteraksi secara sosial dan emosional dengan orang lain.

Mesin itu juga bisa mendeteksi emosi manusia dengan mempelajari bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan bisa membaca suasana hati dengan lebih terampil setelah seiring waktu berkembang untuk 'mengenal' seseorang.

Selain itu Nao juga bisa mengingat interaksinya dengan orang yang berbeda dan mengingat wajah mereka.

Nao awalnya diciptakan melalui pemodelan menggunakan proses yang dijalani anak manusia dan simpanse ketika masih bayi.

Program itu merupakan bagian dari proyek Eropa yang disebut FEELIX Growing dan dipimpin oleh Dr. Lola Canamero, seorang pakar komputer dari University of Hertfordshire."Prilaku ini merupakan model dari apa yang dilakukan anak-anak," kata Dr. Canamero.

"Ini juga sangat mirip dengan cara simpanse dan primata lainnya membangun ikatan afeksi dengan pengasuh mereka," lanjut Dr. Canamero.

Program lain yang membuat Nao semakin mirip dengan manusia adalah kemampuannya menunjukkan kemarahan, ketakutan, kesedihan, kebahagiaan, kegembiraan, dan bangga. Apa lagi jika manusia tidak bisa membuatnya nyaman atau ketika berhadapan dengan situasi penuh tekanan ia akan merasa kecewa.

'Otaknya' memberikannya kemampuan untuk mengingat pengalaman baik dan buruk dari masa lalu.

"Kami mengusahakan tanda-tanda nonverbal dan emosi yang diekspresikan melalui sikap badan, gerak, dan bahasa tubuh ketimbang ekspresi muka atau bahasa," ucap Dr. Canamero lagi.Para pakar percaya robot seperti Nao akan bisa digunakan di masa datang.

Proyek itu melibatkan delapan universitas dan perusahaan pembuat robot di seluruh negara Uni Eropa .
(Ber/A038/BRT)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010