Jakarta (ANTARA News) - PT Infomedia Nusantara yang mengelola Yellow Pages Indonesia meluncurkan portal game Mainkan.com yang saat ini memiliki 50 casual games dari berbagai kategori.

Siaran pers Infomedia Nusantara di Jakarta, Kamis, menyebutkan, portal games memiliki potensi bisnis yang besar terlebih hubungan antara para gamers yang begitu kuat dan mempunyai jaringan hingga internasional

Portal ini diharapkan dapat gamer-gamer yang ada di Indonesia dan mengembangkan lebih jauh lagi potensi yang dimiliki oleh masing-masing dari mereka untuk kegiatan yang positif.

Beberapa kategorisasi game di portal tersebut antara lain seperti "puzzle", "hidden objects", "time management", "action/arcade", "match 3", "cards/board", dan "kids".

Untuk memainkan game tersebut diperlukan proses pengunduhan. Ketika sudah selesai mendownload maka yang didapatkan adalah versi trial dengan durasi rata-rata 60 menit. Jika pengguna menginginkan game tersebut terpasang utuh di komputer maka pengguna harus membeli versi lengkapnya.

Informasi detail masing-masing game tertera di dalam portal Mainkan.com.

Rencananya casual games yang ada di Mainkan.com saat ini akan bertambah lagi dan akan dibuat menjadi versi flash. Jadi, pengguna yang ingin bermain tidak perlu mengunduh lagi.

Portal Mainkan.com tidak hanya berisi casual games. Saat ini di dalam Mainkan.com juga terdapat "Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG)" yaitu MIU! Game Online.

Game Miu! Online mengambil setting pada abad pertengahan, dimana monster jahat berkeliaran dan pemain mengandalkan kekuatan untuk bertarung menghadapi musuh di setiap petualangan.

Pengguna dapat menciptakan maksimal 5 karakter yang dapat menambah keasyikan bermain. Karakter yang tersedia antara lain Pendekar, Mage, Ksatria, dan Pendeta.

Pengguna juga dapat memilih jenis kelamin karakternya dan dapat mencari jodoh di dalam permainan ini, sehingga antara karakter yang satu dengan yang lain dapat terikat di dalam tali pernikahan.

Selain itu interaksi antar pemain sangat kental di dalam permainan ini. Mulai dari percakapan langsung sampai membentuk grup.

Cara bermain MIU! Game Online cukup mudah. Hanya melakukan registrasi di Mainkan.com saja, otomatis nama pengguna dan kata sandi pengguna dapat digunakan di dalam MIU!. Setelah itu "login" ke game MIU! dengan mengklik pada halaman “Permainan Web” kemudian klik MIU! atau "login" langsung dengan memasukkan URL http://miu.mainkan.com.

MIU! juga bisa melakukan "login" lewat akun Facebook, buka MIU Indonesia kemudian klik pada tombol “ke Aplikasi” atau masuk ke URL http://apps.facebook.com/miu_indonesia/.

PT. Infomedia Nusantara mengadakan kompetisi mini ingame yang diadakan mulai 12 Agustus 2010 untuk menyambut dan memeriahkan peluncuran Mainkan.com. Kompetisi mini tersebut akan diadakan selama sekitar dua minggu.
(eny/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010