Jakarta (ANTARA News) - Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri hadir dalam jamuan makan malam kenegaraan bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Istana Negara, Jakarta, Selasa malam dan Obama menyalaminya.

Megawati malam itu mengenakan kebaya putih berbalut selendang berwarna ungu. Dia datang bersama suaminya, Ketua MPR Taufiq Kiemas.

Dalam jamuan makan malam itu, Megawati dan Taufik menempati tempat kehormatan. Mereka duduk bersama Presiden Yudhoyono, Presiden Obama, dan dua Ibu Negara, yaitu Ani Yudhoyono dan Michele Obama.

Secara berurutan dari kiri ke kanan tempat duduk mereka adalah Taufiq Kiemas, Ani Yudhoyono, Barack Obama, Susilo Bambang Yudhoyono, Michele Obama, dan Megawati Soekarnoputri.

Dalam jamuan makan malam itu, Obama sempat menghampiri Megawati dan menjabat tangan putri proklamator kemerdekaan Indonesia itu.

Acara jamuan makan malam itu juga dihadiri oleh semua menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dan sejumlah delegasi dari Amerik Serikat.

Sejumlah petugas pengamanan dari kedua negara menjaga dengan ketat acara yang tidak bisa diliput oleh semua wartawan tersebut.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama bersama Michele Obama, berada di Jakarta untuk melakukan kunjungan kenegaraan dan sejumlah agenda kerja lainnya.

Obama tiba di Istana Merdeka Jakarta, Selasa sore, dan langsung disambut oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu Ani Yudhoyono.

Belasan mobil yang tergabung dalam iring-iringan kendaraan yang mengantar Obama tiba di Istana Merdeka tepat pukul 17.00 WIB.

Setibanya di halaman samping Istana Merdeka, Obama dan Michele disambut langsung oleh Presiden Yudhoyono dan Ibu Negara.

Keempatnya tampak akrab dan saling berjabat tangan. Sesaat kemudian, keempatnya menuju teras Istana untuk upacara penyambutan.

Dengan menghadap ke arah bendera kedua negara, Presiden Yudhoyono dan Obama mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara, bersamaan dengan dentuman meriam.

Beberapa saat kemudian, Yudhoyono dan Obama memasuki ruang Kredensial di dalam Istana Merdeka dan berfoto bersama di hadapan para pewarta.

(F008/A011/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010