Jakarta (ANTARA News) - Apple dijadwalkan akan meluncurkan versi terbaru tablet bergaya layar sentuhnya, iPad, pada musim semi. The Digitimes, penerbitan teknologi terkemuka asal Taiwan melaporkan bahwa produksi massal dari iPad terbaru akan dimulai pada bulan Februari.

Foxconn, perusahaan China yang membuat berbagai suku cadang untuk produk Apple diperkirakan akan memproduksi sekitar 400 ribu hingga 600 ribu unit iPad 2 untuk kiriman pertama.

The Digitimes melaporkan bahwa Apple telah memberi tahu Foxconn agar mereka mengirimkan iPad 2 dalam jangka waktu 100 hari ke depan.

Apple tampaknya telah merencanakan untuk memulai produksi massalnya di bulan Januari, tetapi diunur karena beberapa isu kecil yang masih dikeluhkan atas firmware iPad 2.

Baik Foxconn dan Apple menolak untuk berkomentar pada rumor itu.

Apple telah menjual lebih dari 7.5 juta iPad sejak perangkat itu pertama kali dilempar ke pasaran pada bulan April. Komputer bergaya tablet berlayar sentuh itu telah menginspirasi peniru yang dibuat oleh perusahaan elektronik pesaing.

Peluncuran pada bulan April atas iPad 2 itu sesuai dengan kebiasaan Apple memperkenalkan model baru dalam rangkaian produknya dalam jangka waktu kurang-lebih setahun.

Tampaknya iPad 2 akan diluncurkan secara simultan di Inggris dan AS, tak seperti model pertamanya, yang dikapalkan ke Inggris beberapa pekan setelah perangkat itu dijual di AS.

Perangkat itu akan memiliki jadwal peluncuran yang serupa dengan iPhone, dimana model awal tersedia lebih dulu di AS pertama kali, tetapi semua model pelengkapnya diluncurkan secara simultan di sejumlah negara.

iPad 2 diperkirakan akan memiliki fitur layar retina beresolusi tinggi, serupa dengan teknologi yang ada pada iPhone 4, kamera depan untuk membuat panggilan faceTime video, dan sebuah giroskop yang terintegrasi.
(yud/A038/BRT)

Penerjemah: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010