Kolaka, Sulawesi Tenggara (ANTARA News) - Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al Jufri mengharapkan daerah-daerah lain meniru Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial melalui inisiatif masyarakat sendiri.

"Saya berharap untuk daerah-daerah lain juga ikut seperti yang dilakukan Kabupaten Kolaka," kata Mensos di Kolaka, Rabu.

Mensos melakukan kunjungan kerja ke Sulawasi Tenggara selamma dua hari. Dalam kunjungan kerja tersebut Mensos menyaksikan Deklarasi Kolaka Emas.

Deklarasi Kolaka Emas yang dibacakan perwakilan tokoh masyarakat dan berbagai pihak lainnya adalah komitmen untuk mengatasi berbagai permasalahan sosial yang dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat.

Isi deklarasi antara lain Kolaka bebas dari Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), tidak ada daerah terisolasi, tidak ada anak yang mengalami gizi buruk, fasilitas kesehatan memadai.

Selain itu, juga tidak ada lagi sekolah darurat, tidak ada lagi penyakit sosial masyarakat dan tidak ada lagi anak yang putus sekolah.

Menurut Mensos, Deklarasi Kolaka Emas merupakan inisiatif masyarakat yang pertama kali dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial.

"Saya yakin akan terjadi akselerasi percepatan permasalahan sosial di seluruh daerah jika dilakukan dengan inisiatif masyarakat kalau setiap provinsi mengikuti Kolaka," ujar Mensos.

Lebih lanjut Mensos mengatakan, Pemerintah akan mendukung sepenuhnya inisiatif masyarakat tersebut sehingga diyakini dalam waktu yang tidak terlalu lama akan memperlihatkan hasil yang diharapkan.

Berdasarkan data Kementerian Sosial, terdapat sebanyak 2.300.000 RTLH di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut tidak mungkin dapat sekaligus dipenuhi oleh kementerian sebab setiap tahun Kemensos hanya mampu membangun 10.000 unit RTLH.(*)

D016/A033

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011