Havana (ANTARA News) - Presiden Kuba, Raul Castro, pada Kamis (6/1) waktu setempat mengumumkan perombakan pos-pos penting pada kabinetnya, membebaskan seorang veteran revolusi Kuba portofolio komunikasi dan memecat menteri lain.

Ramiro Valdes, seorang veteran politbiro berusia 78 tahun, dibebastugaskan dari jabatannya sebagai menteri informatika dan komunikasi, tetapi tetap dipertahankan untuk mengurusi konstruksi portofolio kementerian itu dalam tindakan yang tidak selalu dilihat sebagai penurunan jabatan.

Valdes, yang berjuang bersama pemimpin revolusi Fidel Castro dalam serangan terhadap Barak Moncada pada 1953 adalah mantan menteri dalam negeri dan wakil perdana menteri yang Raul Castro ganti sebagai wakil presiden pemerintahnya pada 2009.

Menteri Konstruksi Fidel Figueroa telah dihapus dari jabatannya untuk "kesalahan komitmen dalam pekerjaannya," menurut pernyataan yang dibacakan di televisi negara, yang dikutip AFP.

Sejak menerima alih kekuasaan dari saudaranya Fidel Castro yang sakit pada 2006, Raul Castro membuat sekitar 30 perubahan kabinet Kuba.

Castro, 79 tahun, telah mengusulkan pencapaian ekonomi jauh lebih luas yang mencakup pengurangan satu juta pegawai pemerintah, dan mendorong beberapa investasi asing baru serta mengurangi campur tangan pemerintah terhadap pasar.

Reformasi, yang terlihat dilakukan untuk memangkas subsidi negara dan merancang pembentukan sistem pajak, yang membuat guncangan dramatis dari sebuah model ekonomi yang telah bertahan dua dekade sejak Uni Soviet bubar.

Mereka akan diperdebatkan pada Kongres Partai Komunis Kuba April depan, yang merupakan rapat pertama sejak 1997.
(Uu.H-AK/S004/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011