Jakarta, 23/5 (ANTARA) - Untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara penghasil produk kelautan dan perikanan terbesar tahun 2015, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) buka lowongan kerja di sektor kelautan dan perikanan. melalui International Job Fair on Marine and Fisheries (IJO FoM),  diharapkan dapat mendorong peningkatan produksi kelautan dan perikanan. Demikian disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad ketika membuka acara "International Job Fair on Marine and Fisheries (IJO FoM)" di Gedung SMESCO UKM, Jl. Jend.Gatot Subroto Kav.94, Jakarta Selatan hari ini (23/5).

     Selain dukungan KKP terhadap kebijakan nasional, yakni pro poor, pro growth dan pro sustainability khususnya pro job, bursa tenaga kerja kelautan dan perikanan ini dapat membantu masyarakat dalam meningkat kesejahteraan dengan memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya, tambah Fadel.

     IJO FoM merupakan bursa kerja internasional di bidang kelautan dan perikanan, melibatkan instansi pemerintah yaitu KKP dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, dan Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta.

     Kegiatan yang baru dilaksanakan untuk pertama kalinya ini, diikuti oleh 46 perusahaan (per 20 Mei 2011) berskala nasional dan internasional, antara lain Jepang, Cina, Taiwan, Korea, Spanyol, dan sebagainya. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di sektor kelautan dan perikanan, seperti perusahaan di bidang perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan dan pemasaran serta pengemasan/packaging.

     Jenis pekerjaan sektor kelautan dan perikanan ditawarkan pada bursa kerja ini, yaitu di bidang penangkapan ikan (awak kapal perikanan), budidaya perikanan (pengelola tambak dan hatchery, dan laboratorium), pengolahan dan pemasaran hasil perikanan (petugas quality control, pengolah ikan, marketing), pengelolaan kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil (pengelola kawasan wisata bahari dan konservasi, petugas AMDAL), pelayaran (nahkoda, ABK, mekanik kapal, chef), packaging (petugas pengepakan/pengalengan), jasa angkutan pengiriman perikanan (petugas pengiriman). Di samping bidang pekerjaan yang berhubungan langsung dengan kelautan dan perikanan, IJO FoM juga menawarkan berbagai jenis pekerjaan penunjang pada perusahaan tersebut,seperti marketing dan accounting.

     Disamping itu, IJO FoM menyediakan sekitar 10.000 lowongan pekerjaan yang dirancang untuk dapat mengakomodir 10 ribu pengunjung selama tiga hari penyelenggaraan kegiatan. Para pelamar dapat datang langsung ke lokasi pada saat pelaksanaan IJO FoM dengan membawa berkas lamaran, CV, dan pass foto atau bisa pula mendaftar online melalui website www.jobfairkkp.com. Data sementara menunjukkan, bahwa  sampai dengan 20 Mei 2011, jumlah pendaftar online kurang lebih mencapai 1.500 orang yang akan terus bertambah setiap waktu. Perlu diketahui, Kegiatan ini tidak dipungut biaya, baik bagi pelamar kerja maupun perusahaan yang menyediakan lowongan kerja.

     Selain bursa tenaga kerja, IJO FoM menampilkan pula seminar pengembangan karir, presentasi profil perusahaan, wawancara kerja, psikotes, konsultasi pekerjaan dan wira usaha, pameran, games, door prize, hiburan musik, dan sebagainya. Semuanya dikemas secara menarik, mengibur, serta memberi wawasan dan pengetahuan bagi para pencari kerja di bidang kelautan dan perikanan ataupun yang berminat menjadi wirausaha pemula dengan modal terjangkau.

     Selain kesempatan bekerja di dalam dan luar negeri, bursa kerja ini juga bertujuan untuk memfasilitasi perluasan kesempatan bekerja bagi para lulusan pendidikan menengah dan pendidikan tinggi kelautan dan perikanan serta masyarakat lainnya untuk dapat berkarir sebagai tenaga profesional di berbagai perusahaan yang bergerak di sektor kelautan dan perikanan serta beberapa perusahaan sektor lainnya.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Dr. Yulistyo Mudho, M. Sc, Kepala Pusat Data, Statistik, dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (HP.0811836967)

 

Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011