Tempat ini mempertemukan 26 perusahaan yang ada di Gianyar dengan lowongan pekerjaan sebanyak 3.170
Gianyar, Bali (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, melaksanakan Job Fair dan Bazar Tenaga Kerja Mandiri (TKM) sebagai rangkaian HUT Kota Gianyar ke-253 di Alun-Alun Kota Gianyar, dengan menyediakan 3.170 lowongan kerja.

"Sebagai rangkaian HUT Kota Gianyar, Dinas Tenaga Kerja ikut berpartisipasi melaksanakan job fair. Ini merupakan job fair yang kedua kalinya setelah tahun lalu juga dilaksanakan bersamaan dengan momen HUT Kota Gianyar," kata Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa, usai membuka kegiatan, sebut siaran pers Diskominfo Gianyar, yang diterima di Gianyar, Bali, Senin.

Job fair atau bursa kerja mempertemukan perusahaan atau penyedia tenaga kerja dan pencari kerja.

Pada 2023, lowongan pekerjaan yang disediakan sebanyak 1.049, sehingga meningkat signifikan di tahun ini.

"Ini merupakan ajang yang sangat baik karena tempat ini mempertemukan 26 perusahaan yang ada di Gianyar dengan lowongan pekerjaan sebanyak 3.170," kata Kadis Tenaga Kerja Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani.

Perusahaan yang ikut dalam bursa kerja memang sudah dilakukan pendataan terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan pegawai yang diperlukan.

Untuk para pencari kerja, Disnaker juga sudah mengumumkan bursa kerja tersebut melalui media milik pemkab maupun swasta.

"Masih banyak peluang yang kita berikan kepada mereka para pencari kerja, kita selalu berusaha untuk mengurangi pengangguran dengan menyelenggarakan job fair di setiap tahunnya," ujar Dayu Surya, panggilan akrab Kadisnaker Gianyar.

Di samping job fair, Disnaker Gianyar juga mengadakan Bazar TKM, yang memamerkan hasil karya para TKM yang selama ini dibina dan mendapat pelatihan dari Disnaker Gianyar. Bazar TKM kali ini menghadirkan 11 TKM binaan Disnaker Gianyar.

Dengan adanya Job Fair dan Bazzar TKM, para pencari kerja melihat lowongan pekerjaan yang tersedia, kalau memang cocok dengan lowongan dan membawa persyaratan, bisa langsung diwawancara di tempat.

"Semoga dengan pelaksanaan job fair kali ini, memberikan peluang kerja pada mereka yang belum bekerja. Bekerja untuk diri sendiri, bekerja untuk keluarga, bekerja untuk bangsa," ujar dia.

Baca juga: Bupati Gianyar buka pameran dagang produk 38 IKM
Baca juga: Pemkab Gianyar tanam 2.700 kg benih padi di Celuk
Baca juga: Pemkab Gianyar buat gerakan tanam cabai untuk jaga stabilitas harga

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024