Gianyar, Bali (ANTARA) -
Penjabat Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa membuka Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Kabupaten Gianyar, provinsi Bali, tahun 2024 di Taman Maheswara yang menjadi ajang pembinaan prestasi olahraga, sekaligus gambaran hasil pembinaan oleh tiap-tiap sekolah.
 
“Tujuan diadakannya Porsenijar untuk evaluasi pembinaan kegiatan olahraga dan seni antar pelajar dan untuk meningkatkan prestasi ke jenjang yang lebih tinggi. Prestasi tidak dapat diraih secara instan, melainkan dibarengi dengan usaha yang keras untuk mencapainya. Hal ini harus ditanamkan kepada para atlet kita sejak dini,” ujar Bupati, demikian siaran pers Diskominfo Gianyar, Selasa.

Porsenijar Gianyar diadakan 25 - 31 Maret 2024 dengan mempertandingkan 29 Cabang Olahraga Definitive, empat cabang olahraga eksibisi dan sembilan cabang seni.

Porsenijar adalah sarana yang tepat untuk memberikan kesempatan kepada atlet di kalangan pelajar untuk berpacu dalam kreativitas dan prestasi.

Baca juga: Guru TK diajak wujudkan Indonesia Layak Anak 2030 lewat Porseni

Baca juga: Nusron Wahid berterima kasih kepada warga Solo sukseskan Porseni NU

 
“Melalui porsenijar juga dapat membangun karakter pelajar dan pemuda, menjadi sosok pekerja keras, pantang menyerah, jujur dan memiliki jiwa sportif. Oleh karena itu, Porsenijar ini bukanlah semata-mata mengutamakan perolehan medali, namun harus bisa membangun karakter pelajar,” kata Bupati.

Tagel Wirasa ingin Porsenijar Gianyar 2024 dapat menjadi wahana bagi para atlet dan artis, untuk mengerahkan kemampuan terbaiknya.
 
“Kepada adik-adik peserta Porsenijar, official dan wasit, agar senantiasa memegang teguh semangat sportivitas dan kebersamaan, sehingga seluruh pelaksanaan Porsenijar dapat berjalan lancar dan aman, serta hasil dari kegiatan ini, dapat melahirkan atlet terbaik yang siap mewakili Kabupaten Gianyar dalam berbagai event olahraga kedepannya,” ujar dia.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gianyar I Wayan Wirasa selaku Ketua Panitia Pelaksana menegaskan bahwa tema Porsenijar tahun ini adalah “Melalui olahraga dan seni kita bersatu meraih prestasi menuju Gianyar Aman”.

Ia juga menegaskan bahwa tujuan Porsenijar adalah untuk mengadakan evaluasi kegiatan olahraga dan seni pelajar dalam rangka meningkatkan prestasi di sekolah.*

Baca juga: Presiden Jokowi apresiasi perhelatan Porseni NU dan jalan sehat

Baca juga: Kapolri gelorakan semangat persatuan-kesatuan saat tutup Porseni NU

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024