Jakarta (ANTARA News)- Bukan Amerika Serikat, Inggris, China atau Jepang yang menjadi negara dengan akses Internet tercepat.

Menurut sebuah penelitian terbaru dari layanan jaringan file-sharing Pando, negara yang paling cepat akses internetnya adalah Korea Selatan.

Seperti dikutip dari Mashable, Pando mengambil 35 petabytes data dari 27 juta total pengunduhan di 224 negara. Hasilnya, Korea Selatan bercokol di puncak sebagai negara dengan kecepatan akses Internet tercepat dengan rata-rata 17.62 Mbps.

Rumania ada di posisi kedua dengan 15.27 Mbps dan disusul tiga negara Eropa Timur lainnya yaitu Bulgaria, Lithuania dan Latvia.

Amerika Serikat berada di urutan 26 dengan 4,93 Mbps dan China yang disebut-sebut sebagai rumah populasi Internet terbesar di dunia hanya 1,96 Mbps.

Menurut penelitian, negara yang memiliki akses Internet paling buruk adalah Kongo dengan rata-rata 13 KBps.

Satu-satunya negara bagian Amerika Serikat yang memiliki akses Internet tercepat adalah Andover, pengguna Andover mengunduh Internet dengan rata-rata 22,41 Mbps. Hal itu berbanding tipis dengan pengguna Internet di Seocho, Korea Selatan yang mengunduh Internet dengan kecepatan rata-rata 33,5 Mbps.
(Adm)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011