Jumat, 31 Oktober 2014

Program Reality Show Dinilai Tidak Mendidik

| 3.053 Views
id jajang noer
Jakarta (ANTARA News) - Artis kawakan Jajang C Noer menyayangkan maraknya program reality show di televisi-televisi swasta di Indonesia karena menurutnya tayangan tersebut tidak mendidik atau tidak memiliki unsur edukasi yang baik.

"Acara reality show sangat tidak mendidik khususnya bagi anak-anak di Indonesia," kata Jajang C Noer di Jakarta, Rabu.

Jajang menggambarkan, tayangan reality show terkadang menampilkan adegan di mana dua orang saling bertengkar di depan umum.

"Itu jelas-jelas tidak mendidik dan tidak memberi pelajaran bagus bagi anak-anak sementara masyarakat awam mengenal reality show adalah adegan sesungguhnya tidak ada rekayasa, bagaimana seandainya anak-anak meniru adegan tersebut?" kata istri Alm Arifin C Noer itu.

Artis yang sudah membintangi banyak film layar lebar sejak tahun 80-an tersebut juga menambahkan bahwa dirinya merasa heran mengapa tayangan reality show terus menjamur di sejumlah televisi swasta.

Menurut wanita kelahiran Paris, Prancis, 28 Juni 1952, itu hampir seluruh televisi swasta di Indonesia pada saat ini memiliki program tayangan reality show yang di dalamya terdapat adegan kekerasan dan lain sebagainya yang tidak dapat dijadikan contoh yang baik.

"Saya dulu sempat menyayangkan banyaknya tayangan sinetron yang di dalamnya terdapat adegan kekerasan dan lain sebagainya yang kurang baik bagi anak-anak, ternyata ada lagi tayangan yang lebih tidak mendidik menurut saya yakni reality show," katanya.

Karena itu, ia berharap televisi swasta juga mempertimbangkan adanya unsur edukasi dalam setiap acara yang ditayangkan dan tidak hanya memprioritaskan kepentingan pemasang iklan.

Sementara itu, ketika ditanyakan mengenai kapan lagi dirinya akan mewarnai layar lebar Indonesia ia menjawab belum tahu karena belum ada tawaran baru.

"Belum ada tawaran baru untuk berperan dalam layar lebar, khususnya sepanjang bulan Ramadhan ini," katanya.(*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2009

Komentar Pembaca