Sanur, Bali (ANTARA News) - Penyelenggaraan Kongres ke-3 PDI Perjuangan yang semula dijadwalkan 6 hingga 9 April, dipastikan berakhir lebih cepat sehari karena pemilihan ketua umum partai itu untuk periode 2010-2015 berlangsung mulus, Kamis siang.

"Semua agenda praktis sudah selesai dengan terpilihnya kembali Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum (Ketum) DPP PDI Perjuangan," kata Thio DB, seorang aktivis Benteng Demokrasi Rakyat (Bendera) kepada ANTARA di Sanur, Bali.

Padahal, menurutnya, jika ada satu saja pesaing untuk calon ketum, bisa saja suasana kongres berlangsung sesuai jadwal semula.

Saat berita ini dilaporkan, sidang paripurna terakhir dengan agenda pelantikan Megawati Soekarnoputri sebagai ketum, baru saja berakhir, dilanjutkan dengan konferensi pers oleh pimpinan sidang.

Pelantikan itu sendiri berlangsung tepat pukul 14.30 Wita oleh Frans Lebu Raya, atas nama pimpinan sidang.

Informasi yang diperoleh ANTARA, sebelum dan sesudah paripurna pelantikan berlangsung, telah mulai terjadi proses pemanggilan atas sejumlah kader partai oleh Megawati Soekarnoputri.

"Bisa saja ini proses audisi sebelum dilantik bersama sebagai pengurus DPP PDI Perjuangan yang baru," ucap seorang sumber.(M036/P004)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010