Yogyakarta (ANTARA News) - Audit internal dapat membantu manajemen untuk menghindari terjadinya penyimpangan melalui kegiatan pengendalian internal, kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Kegiatan pengendalian internal merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam perusahaan, karena sebagai kontrol pelaksanaan kegiatan dalam perusahaan tersebut," katanya dalam sambutan yang dibacakan Kepala Inspektorat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Haryana di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia pada seminar nasional internal auditor 2010, jika terjadi pengelolaan kegiatan yang kurang tepat akan menyebabkan kerugian yang besar bagi perusahaan.

"Untuk mencegah terjadinya kerugian diperlukan audit internal yang dapat membantu menajemen dalam mengawasi pelaksanaan pengendalian internal dalam aktivitas perusahaan, berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan oleh manajemen khususnya dalam hal kepatuhan," katanya.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan manajemen, tidak cukup hanya mengandalkan kebijakan dan pengendalian internal, tetapi juga harus dengan bantuan dari auditor internal yang dapat mengukur sejauh mana ketaatan pelaksana manajemen perusahaan.

"Dengan demikian, manajemen dapat memperbaiki kelemahan atau kekurangan yang ada berdasarkan laporan hasil pemeriksaan," katanya.

Menurut dia, kualitas dan profesiolisme internal auditor sangat diperlukan agar dapat memberikan kontribusi dan nilai tambah bagi organisasinya.

"Namun demikian, integritas dari auditor juga tidak kalah penting, karena akan menentukan validitas dan kredibilitas dari hasil audit yang dilakukan," katanya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) Soedar Kendarto mengatakan, seminar digelar dalam rangka untuk mendapatkan formula yang tepat bagi auditor dalam menghadapi dan melaksanakan tugas ke depan.

"Hal itu perlu dilakukan karena permasalahan yang semakin kompleks dan berubahnya suatu organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, tantangan terbesar auditor ke depan adalah bagaimana auditor menjadi tetap relevan dan berani memberikan kontribusi bagi organisasinya," katanya.

Di sela seminar bertema Relevansi dan Kontribusi Auditor dalam Lingkungan Organisasi yang Berubah itu dilakukan wisuda dan pemberian sertifikat Qualified Internal Audit (QIA) kepada 106 lulusan YPIA.(*)
(U.B015/H008/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010