Jakarta (ANTARA) - Bank DKI terus meningkatkan kualitas tata kelola mutu audit internal sebagai salah satu upaya memaksimalkan kualitas operasional perseroan lewat raihan ISO 9001:2015 dari TUV Nord Indonesia.

Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono di Jakarta, Kamis, mengatakan sertifikasi yang diraih itu merupakan bagian dari komitmen peningkatan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi audit internal.

"Raihan Sertifikasi ISO 9001:2015 yang berarti Bank DKI telah menerapkan standar internasional pada fungsi esensial audit internal serta mencerminkan dedikasi dan kerja keras kolektif dari Bank DKI," jelasnya. 
​​​
Bank DKI meraih ISO 9001:2015 oleh TUV Nord Indonesia untuk sistem manajemen mutu audit internal pada Selasa (5/3). Sertifikat tersebut diserahkan oleh Donny Moehardono selaku Kepala Badan Sertifikasi PT TUV Nord Indonesia. 

Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan salah satu kerangka kerja standar yang diakui secara global untuk manajemen mutu, yang penilaiannya dilandaskan tujuh prinsip, diantaranya fokus pada pelanggan (customer focus), kepemimpinan (leadership), keterlibatan sumber daya manusia (engagement of people).

Berikutnya, pendekatan proses (process approach), peningkatan secara terus menerus (improvement), pengambilan keputusan berdasarkan data dan fakta (evidence-based decision making), dan manajemen hubungan dengan pemangku jabatan (relationship management).

Lebih lanjut, Amirul meyakini bahwa keberhasilan atas diraihnya sertifikasi itu akan memberikan dampak positif pada peningkatan produktivitas dan kinerja operasional perseroan secara keseluruhan, serta optimis melalui standar manajemen mutu audit internal yang tinggi.

Bank DKI juga diharapkan akan semakin mampu memberikan layanan terbaik dan memperkuat posisinya di industri perbankan secara regional maupun nasional.

Selaras, Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi berujar bahwa diterimanya Sertifikasi ISO 9001:2015 tidak hanya menegaskan kualitas manajemen mutu audit internal Bank DKI, tetapi juga mengindikasikan kesiapan perseroan menghadapi tantangan dan perubahan dinamis dalam industri perbankan.

Hal ini juga merupakan langkah positif dalam membangun kepercayaan nasabah dan pemangku kepentingan.

“Dengan mengacu pada prinsip-prinsip ISO 9001:2015, Bank DKI telah menetapkan komitmen jangka panjang untuk menjalankan operasional Perseroan berlandaskan prinsip transparansi, integritas, dan fokus pada kepuasan pelanggan,” ujar Arie.

Baca juga: Bank DKI Raih Penghargaan pada Best BUMD Award 2024
Baca juga: Konsisten Terapkan Prinsip ESG, Bank DKI Raih Penghargaan ESG Recognized Commitment

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024