Kamis, 31 Juli 2014

Arus Mudik Mulai di Pantura Meningkat

Kamis, 2 September 2010 05:24 WIB | 3.330 Views
Indramayu (ANTARA News) - Di jalur pantai Utara kabupaten Indramayu, Jawa Barat. arus mudik Lebaran memasuki pada H-8 mulai meningkat terutama pengguna kendaraan roda dua, sedangkan kendaraan roda empat jumlahnya masih terbatas.

Pengalaman arus mudik Lebaran tahun lalu, kendaraan roda dua jumlahnya lebih tinggi jika dibandingkan kendaraan roda empat termasuk angkutan umum . Diperkirakan jumlah pemudik bersepeda motor meningkat tajam tahun ini.

Muhamad Iksan salah seorang pemudik asal kabupaten Purblingga mengaku, Kamis, mengatakan, pemudik dari Jakarta yang menggunakan sepeda motor diperkirakan akan melonjak, karena mudahnya masyarakat mendapatkan penjualan kendaraan roda dua.

Dia menambahkan, pembeli kendaraan roda dua di Jakarta umumnya perantau asal Jawa Tengah, Jawa Timur, Kuningan, karena harga kendaraan tersebut cukup terjangkau.

"Pada kesempatan arus mudik Lebaran, perantau tersebut pasti membawa pulang kendaraan roda dua yang telah mereka beli, sehingga diperkirakan jumlah pemudik sepeda motor akan meningkat tajam, jika dibandingkan tahun sebelumnya,"katanya.

Ia mengatakan, pengalaman tahun lalu, mudik dengan sepeda motor dengan jarak tempuh cukup jauh, Jakarta-Purbalingga melelahkan ,sehingga perlu ketenangan dan konsentrasi dalam membawa kendaraan tersebut.Selain itu padatnya kendaraan ketika mendekati Lebaran menghambat perjalanan.

"Ia terpaksa mudik lebih awal, untuk menghindari kepadatan kendaraan di jalur utama Pantura, saat ini perjalanan Jakarta hingga Pantura Indramayu lancar, hanya kurang dari lima jam, karena jumlah kendaraan yang melintas masih normal,"katanya.

Sementara itu Kapolres Indramayu AKBP Nasri Winarto mangatakan, pemudik yang melintas di jalur utama Pantura kabupaten Indramayu lebih awal terhindar dari kepadatan kendaraan, sehingga mereka bisa nyaman juga waktu diperjalanan cukup singkat.

"Jalur utama Pantai Utara Indramayu merupakan lintasan pemudik, diperkirakan satu pekan menjelang hari raya Lebaran jumlah kendaraan yang masuk akan semakin tinggi, baik kendaraan roda dua juga kendaraan lainnya,"katanya.

Kapolres berharap pemudik lebih mengutamakan keselamatan di jalan, tujuan mereka berkumpul dengan keluarga dapat terwujud, sehingga suanan lebaran di kampung halamanya terasa Indah. Karena itu mereka hedaknya mematuhi peraturan lalu lintas.(*)
(ANT-061/R009)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga