Jakarta (ANTARA News) - Paus Benediktus XVI ternyata pernah menolak kehadiran Carla Bruni, istri Presiden Prancis Nicolas Sarkozy di Vatikan. Penolakan itu karena cemas media-media Italia akan menyiarkan foto-foto "menantang" dari Ibu Negara Prancis yang eks-foto model dan penyanyi itu.

Para pejabat Vatikan konon telah mengirim sebuah pesan kepada Kedutaan Besar Prancis terkait kehadiran Bruni yang menemani suaminya dalam audiensi selama 30 menit dengan Paus, awal bulan ini. Pesan itu berjudul 'Carla Sarkozy tidak diterima di vatikan'.

Le Canard Enchaîné, sebuah mingguan Prancis, seperti yang dikutip The Telegraph, Kamis (14/10), kemudian mengatakan bahwa Paus cemas kehadiran Bruni akan menyebabkan foto-foto telanjang dan seksinya akan menghiasi surat-surat kabar Italia.

"Tahta Suci mau menghindari penampilan foto bersama Paus dan Carla yang disandingkan dengan foto-foto lama Carla yang lebih menggoda," tulis mingguan satiris itu.

Carla Bruni yang berusia 43 tahun itu tetap tinggal di Paris ketika Sarkozy berkunjung ke Vatikan.

Foto-foto Carla Bruni, baik dengan atau tanpa busana, memang lazim dimuat di media-media Prancis dan dunia.

Dalam sebuah majalah mingguan Spanyol misalnya, sebelum ia menikah dengan Sarkozy pada 2008, ia tampil dengan hanya mengenakan sebuah sepatu boot di atas sebuah sofa kulit berwarna hitam.

Sebuah foto hitam putih yang menampilkan tubuhnya tanpa busana, berpose sambil menutup daerah intimnya dengan tangan laku dilelang di balai lelang Christie, Inggris, beberapa hari setelah ia melakukan kunjungan resmi ke negara itu.

Sarkozy meminta audiensi pribadi dengan Paus untuk menarik kembali dukungan dari pemilih mayoritas Katholik konservatif di Prancis yang terkejut dengan keputusannya mengusir etnis Gipsi Roma dari negara itu. Tindakannya itu memang dikecam keras oleh Vatikan.

Beberapa jajak pendapat menunjukan bahwa tingkat popularitas presiden Prancis itu di mata para pemilih Katolik Prancis menurun dari 61 persen ke 47 persen tahun lalu.

Sarkozy dibesarkan dalam keluarga Katholik tetapi bukan penganut yang taat karena telah dua kali bercerai dan ia mempunyai anak di luar pernikahan dengan istri ketiganya.

Dalam kunjungan pertama Sarkozy ke Vatikan pada Desember 2007, Carla Bruni juga tidak dibawa serta karena pasangan itu belum menikah. Ketika itu Sarkozy mengejutkan Gereja Katholik ketika tidak segan-segan mengeluarkan BlackBerry-nya hanya beberapa meter dari hadapan Paus.

Sementara pihak Istana Kepresidenan Prancis belum memberikan komentar mengapa Ibu Negara tidak ikut serta dalam kunjungan ke Vatikan itu.
(Ber/A038/BRT)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010