Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pada Leaders Retreat Indonesia dan Singapura di Istana Bogor pada Senin (29/4) mendatang juga turut dibahas pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

Menlu mengatakan dalam pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong nanti, sejumlah isu akan dibahas, antara lain ketahanan pangan, transisi energi, dan termasuk pembangunan di IKN.

"Karena sudah banyak perusahaan Singapura yang  menunjukkan minat untuk bekerja sama investasi di IKN, termasuk di bidang transisi energi, khususnya untuk tenaga matahari," kata Menlu Retno saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat.

Menlu Retno menjelaskan bahwa dalam agenda pertemuan Presiden Jokowi dan PM Lee, kedua pemimpin akan menelaah 10 tahun kerja sama yang sudah dilakukan, namun pada saat yang sama juga memastikan kerja sama dan kontinuitas hubungan baik kedua negara tetap berjalan.

Adapun kunjungan PM Lee ke Indonesia untuk menghadiri Leaders Retreat merupakan kunjungan terakhir sebelum ia menyerahkan pemerintahan kepada PM yang baru.

Begitu juga dengan Presiden Joko Widodo di mana tahun ini menjadi tahun terakhirnya dalam 10 tahun kepemimpinannya.

Wakil Perdana Menteri Singapura, Lawrence Wong, yang akan melanjutkan pemerintahan negara itu, juga turut hadir dalam Leaders' Retreat.

"Ini menunjukkan betapa pentingnya hubungan bilateral antara Singapura dan Indonesia," kata Retno.

Adapun Menlu Retno mendampingi Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan di Istana Negara, Jakarta, Jumat, untuk membahas persiapan Leaders’ Retreat di mana Indonesia menjadi tuan rumah tahun ini.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024