Jumat, 22 Agustus 2014

Kelompok Hip Hop Muslim Suarakan Persaudaraan

Minggu, 17 Oktober 2010 11:19 WIB | 2.377 Views
Jakarta (ANTARA News) - Aliran musik Hip Hop dipilih oleh kelompok The Brothahood, seniman hip hop Muslim asal Australia untuk menyuarakan pesan persaudaraan kepada masyarakat luas.

Lirik lagu yang dipilih oleh Jehad Dabab, Moustafa Dabab, Hesham Habibullah, dan Timur Bakan --seorang anggota mereka Ahmed Ahmed berhalangan hadir-- ini berusaha untuk mengatasi pandangan yang keliru mengenai Islam dan memotivasi pemuda Muslim agar bangga dengan agama mereka.

Di antara lagu yang mereka bawakan pada pertunjukkan di FX Plaza Jakarta pada Jumat (15/10) misalnya adalah lagu "The Silent Truth" yang menceritakan permintaan mereka agar seseorang tidak dinilai hanya dari tamplan fisik karena sesungguhnya apa pun warna kulit seseorang ia tetaplah manusia, jadi apa yang diperlukan oleh bangsa dengan beragam warna kulit --seperti Australia-- adalah persaudaraan (brotherhood)

Kecintaan mereka atas agama Islam juga terwujud dalam lagu "Takbir" yang berisi ajakan untuk memuji Tuhan dengan menyatakan takbir.

Mengutip wawancara dalam situs muslimhiphop.com, Islam telah menjadi sumber inspirasi yang berpengaruh bagi lagu-lagu kelompok yang terbentuk saat perkemahan pemuda muslim tersebut karena menjadikan mereka satu saudara dan tetap saling tolong dalam kondisi sesulit apapun.

Hal tersebut penting karena kelima personilnya adalah keturunan imigran Timur Tengah.

Dua bersaudara Jehad dan Mostafa lahir di Melbourne dengan orang tua keturunan Lebanon, Ahmed Ahmed yang lahir di Mesir tapi datang ke Australia sejak kecil, sementara Hesham lahir di Selandia Baru dan bermigrasi ke Australia juga saat masih kanak-kanak dan mereka tinggal di lingkungan yang heterogen.

The Brothahood bersama dengan penyayi rap dan penyair Omar Musa, DJ Jay Tee dari kelompok hip hop Aborigin The Last Kinection, dan penyanyi rap asal Amerika Serikat yang tinggal di Sydney Mihty Joe, hadir sebagai bagian OzFest 2010, festival kebudayaan selama satu bulan yang diselenggarakan Kedutaan Besar Australia.

Tidak ketinggalan musisi hip hop asal Indonesia: Saykoji dan JFlow ikut berkolaborasi dengan musisi-musisi Australia itu yang menurut pihak Kedubes Australia sebagai cara dialog antarmusisi hip hop Indonesia dan Australia.

The Brothahood telah melahirkan satu album berjudul "Lyrics of Mass Construction" pada 2008 dan dibagikan secara gratis di lewat internet di situs myspace.com

Jakarta adalah kota terakhir yang mereka kunjungi dalam rangkaian tur di Indonesia yang bertajuk Hip Hop is Harmony in Diversity Tour, sebelumnya pentas di Surabaya (11-12) dan Yogyakarta (13-14).(*)
(KR-DLN/R009)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga