Malang (ANTARA News) - Arema Indonesia terpaksa akan  mendaftarkan pemain di ajang Liga Champions Asia (LCA) mulai awal Maret  tanpa "stopper" asing.

Sekretaris Umum Arema Indonesia Muhammad Taufan di Malang, Minggu, mengakui, kemungkinan besar pemain yang didaftarkan nanti hanya 27-28 pemain, namun tanpa "stopper" asing pascahengkangnya Pierre Njanka yang memilih bergabung dengan tim Liga Primer Indonesia (LPI).

"Pemain yang kita daftarkan ke LCA ini termasuk empat pemain asing yang selama ini memperkuat Arema dan Hendra Ridwan yang baru bergabung dengan Arema setelah PSM Makassar (tim lamanya) memilih bergabung dengan LPI," katanya.

Menurut dia, semua kelengkapan dan persyaratan pemain untuk berlaga di LCA sudah beres. Hanya saja, kalau pun ada "stopper" asing baru yang menggantikan Pierre Njanka, manajemen tidak bisa mendaftarkannya sebagai salah satu "amunisi" Arema di ajang LCA.

Dalam mengarungi laga LCA yang mulai dilakoni Arema Indonesia 2 Maret, tim tersebut banyak kehilangan pemain pilar. Beberapa pemain tersebut harus menjani pemusatan latihan (TC) tim nasional (timnas) U-23 yang diproyeksikan untuk SEA Games 2011.

Beberapa pemain itu adalah Kurnia Meiga, Yongki Aribowo, Dendi Santoso, dan Alfarizi serta satu pemain asing yang berposisi sebagai palang pintu pertahanan Arema, Pierre Njanka yang memilih meninggalkan Arema karena masalah finansial (gaji).

Para pemain lokal yang didaftarkan untuk memperkuat Singo Edan di ajang LCA di antaranya adalah Achmad Kurniawan, Aji Saka, Benny Wahyudi, Kurnia Meiga, Purwaka Yudhi, Waluyo, Leonard Tumpamahu, Irfan Raditya, Hermawan, Benny Wahyudi, Juan Revi, Tomy Pranata, AChmad Bustomi, Sunarto, Yongki Aribowo, dan TA Musafri.

Sementara pemain asing yang didaftarkan hanya empat, masing-masing Noh Alam Shah, Muhammad Ridhuan, Roman Chamelo, dan Esteban Guillen.

Kuota maksimal pemain yang didaftarkan untuk LCA sebanyak 30 pemain. "Kita upayakan untuk memaksimalkan kuota tersebut sebelum batas akhir pendaftaran 1 Februari, makanya Hendra Ridwan yang baru bergabung pun kita daftarkan," tegas Taufan.

Arema Indonesia bakal mengawali kiprahnya di ajang LCA mulai 2 Maret di kandang Cereko Osaka (Jepang), 16 Maret di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Malang menjamu Jeonbuk Hyundai Motors (Korea), 5 April di Kanjuruhan menjamu Shandong Luneng FC (China).

Pada tanggal 20 April Arema bertolak ke China untuk meladeni Shandong Luneng FC di Stadion Shandong Luneng Stadium, 3 Mei Arema kembali ke kandangnya di Kanjuruhan menjamu Cereko Osaka dan terakhir Arema bertolak ke Korea menantang Jeonbuk Hyundai Motors di Jeonju World Cup Stadium.
(E009/R014/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011