Kami berharap keadaan cuaca yang ekstrem tidak menurunkan kemampuan para atlit untuk bertanding dan memperoleh hasil terbaik di sana
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia pada hari Rabu memberangkatkan Tim Nasional untuk mengikuti Kejuaraan Dunia Paralayang nomor Ketepatan Mendarat (Paragliding Accuracy World Championship - PGAWC) di Trakai, Lithuania.

"Tim Nasional yang mewakili Indonesia kali ini adalah atlit-atlit yang telah menunjukkan prestasinya pada tingkat nasional, selama tahun 2009 dan 2010," ungkap manajer tim, Elzar Sukendro sebelum berangkat dari Bandara Soekarno Hatta.

Kejuaraan dunia paralayang tersebut akan berlangsung dari tanggal 11-13 Februari 2011. Tim Nasional yang mewakili Indonesia ini terdiri dari 5 atlit putra, 2 atlit putri, dan 1 official.

Tim putra terdiri dari adalah Thomas Widjananto, Wahyu Yudha, Dede Nisbah, Dede Supratman, dan Aries Pribaya. Tim putri diwakili oleh Milawati Sirin, dan Dian Perdana sedangkan manajer tim adalah Elzar Sukendro.

Tim yang berangkat dengan dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga akan bertanding di atas Danau Beku di Trakai, Lithuania, dengan cara ditarik menggunakan winch (towing). "Dikabarkan, saat ini suhu di Lithuania adalah minus 15 derajat celcius," kata Elzar.

Target tim  adalah masuk 3 besar dunia untuk tim putra, dan masuk 5 besar dunia untuk atlit putri Indonesia. "Kami berharap keadaan cuaca yang ekstrem tidak menurunkan kemampuan para atlit untuk bertanding dan memperoleh hasil terbaik di sana," ujarnya.

Kejuaraan paralayang dunia nomor ketepatan mendarat ini merupakan seri pertama dari rangkaian 6 seri kejuaraan di tahun 2011 ini. Seri pertama akan diadakan di Trakai Lithuania (11-13 Februari 2011),  seri kedua di Austria (18-20 Maret 2011),  seri ketiga di Serbia (25-27 Maret 2011), seri keempat di Indonesia (3-5 Juni 2011), seri kelima di Malaysia (10-12 Juni 2011), dan seri penutup akan diadakan di Jerman (19-21 September 2011). Elzar mengemukakan Indonesia diharapkan dapat mengikuti seluruh seri yang ada pada tahun 2011, guna memperoleh dan mempertahankan gelar juara paralayang dunia.

Menurut Elzar, atlit paralayang Indonesia pada tahun lalu menunjukkan prestasi terbaik dengan menjadi juara dunia peringkat 1 (Ifa Kurniawati) dan 3 (Milawati) untuk putri, dan peringkat 5 dunia (Wahyu Yudha) untuk putra dan kategori umum.

Cabang olah raga paralayang menjadi cabang olah raga unggulan Indonesia pada SEA Games 2011, menyusul raihan terbanyak 7 dari 8 emas pada kejuaraan Asian Beach Games tahun 2008 lalu. Pemberangkatan tim paralayang Indonesia ini sekaligus sebagai uji kemampuan para atlit Indonesia sebelum SEA Games 2011 di Indonesia, dan paralayang Indonesia diharapkan dapat pula memperoleh raihan terbaik pada SEA Games 2011.
(A038/A038/BRT)

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011