Sudah sangat jelas bahwa kita tengah menyaksikan sejarah yang berlangsung. Hal itu merupakan momentum transformasi yang terjadi karena rakyat Mesir menyerukan perubahan
Marquette, Michigan (ANTARA News) - Presiden Barack Obama, Kamis, menyatakan bahwa dunia tengah menyaksikan peristiwa bersejarah dan  momentum transformasi di Mesir. Obama mengemukakan hal itu  menyusul laporan tentang rencana mundurnya Presiden Hosni Mubarak.

Obama juga secara langsung berpesan pada kaum muda Mesir yang berbaur dalam kerumunan besar di Kairo, dengan mengatakan Amerika akan melakukan segala upaya guna memastikan berlangsungnya transisi menuju demokrasi  dalam krisis tersebut.

"Sudah sangat jelas bahwa kita tengah menyaksikan sejarah yang berlangsung. Hal itu merupakan momentum transformasi yang terjadi karena rakyat Mesir menyerukan perubahan," kata Obama di negara bagian utara Amerika Serikat, Michigan.

Obama juga menyampaikan dukungan langsungnya terhadap pemrotes dan sebuah "generasi baru" yang telah menggelar demonstrasi berhari-hari dengan tuntutan mundur terhadap Mubarak. Ia merujuk pada  kelompok di Lapangan Tahrir, Kairo.

"Kedepannya, kami ingin agar kaum muda tersebut dan seluruh rakyat Mesir tahu bahwa Amerika akan melanjutkan segala hal yang bisa dilakukan untuk mendukung transisi sejati ke arah demokrasi di Mesir," katanya.

Mubarak adalah sosok  kuat di Arab yang telah menjadi sekutu utama AS selama 30 tahun.
(KR-PPT/M014)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011