Minggu, 26 Oktober 2014

Dua Kapal Perang Iran Dikabarkan Lewati Kanal Suez

| 2.988 Views
id kapal perang iran, terusan suez
Teheran (ANTARA News/Reuters) - Sebanyak dua kapal perang milik Iran telah melewati Kanal Suez sehingga menjadi penyeberangan kapal perang Republik Islam yang pertama melalui kanal itu, demikian kabar dari saluran televisi berbahasa Arab asal Iran pada ahad.

"Sebanyak dua kapal Iran telah melalui kanal dan sedang menuju ke arah pelabuhan Suriah," lapor saluran TV Al Alam.

Pihak militer yang mengelola pemerintahan Mesir sejak jatuhnya Presiden Hosni Mubarak pada 11 Februari telah menerima permintaan Iran untuk mengirimkan kapal tersebut melalui kanal, kata sumber militer Mesir pada Jumat.

Permintaan tersebut merupakan hal yang sulit bagi pemerintahan dalam negeri Mesir.

Kairo merupakan sekutu Amerika Serikat dan memiliki perjanjian perdamaian dengan Israel dan hubungan negara itu dengan Iran telah menegang sejak revolusi Islam Iran pada 1979.

Harapan atas kapal perang Iran berlayar melalui kanal tersebut menuju kawasan Mediterania pada pertama kalinya sejak 1979 mengejutkan Israel melalui Menteri Luar Negerinya, Avigdor Lieberman yang mengartikannya sebagai provokasi.

Pejabat Kanal Suez mengatakan pada Sabtu bahwa kapal Iran yang akan berlayar melalui kanal pada Senin tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan keterangan.(*)

(Uu.KR-BPY/H-AK)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga