Surabaya (ANTARA News) - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng meminta semua perbedaan yang berkembang tetap bermuara pada keputusan FIFA tentang kongres dan proses pemilihan sesuai statuta FIFA.

"Saya berharap semua internal demokrasi yang terjadi bermuara pada standar Statuta FIFA dan standar `electoral code` yang sesuai keputusan FIFA pasca-Sidang Komite Eksekutif (Exco) FIFA di Zurich," katanya di Surabaya, Rabu malam.

Didampingi Wagub Jatim H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di sela-sela penutupan Munas VII Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Surabaya ia mengatakan, FIFA sudah menetapkan jadwal kongres dan semua elemen perlu dirangkul dalam kongres itu, termasuk LPI.

"Kongres akan bisa berjalan dengan baik bila semua elemen menjadikannya sebagai momentum mereformasi dan merestrukturisasi PSSI," kata Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat itu.

Menurut dia, pemerintah sendiri tidak akan melakukan intervensi dengan masuk terlalu jauh, namun pemerintah akan membina, mengatur, dan mengawasi dari jauh.

"Ibarat sepak bola, kalau kami melihat ada yang `off side` ya akan kami semprit. Saya sudah minta Dubes RI di Swiss Djoko Susilo dan Ketua KONI/KOI Rita Subowo untuk menemui Presiden FIFA Sepp Blatter di Zurich, Swiss. Semuanya harus menggunakan standar FIFA," katanya.

Ditanya tentang pernyataan Ketua Umum PSSI Nurdin Halid yang menyangsikan pertemuan Dubes Swiss dan Ketua KONI dengan Presiden FIFA Sepp Blatter itu, Andi Mallarangeng menilai hal itu terserah dia (Nurdin).

"Ya, terserah dia, tapi saya minta marilah kita berkongres yang sebaik-baiknya, pemerintah sendiri akan mengawasi dari luar," katanya.(*)

(T.E011/R014)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011