Bogor (ANTARA News) - Sebanyak 13 situ di Kabupaten Bogor saat ini kondisinya memprihatikan karena mengalami kerusakan cukup parah.Kondisi ini menyebabkan banjir saat musim hujan dan mengering saat kemarau.

Ke 13 situ tersebut diantaranya situ Cibolang dan Cijantungeun Ilir Kecamatan Jasinga, situ Wadana dan Cijapar Kecamatan Parung Panjang, situ Cimanggis Kecamatan Bojonggede, situ Cogreg Kecamatan Ciseeng, situ Curug Serpong Kecamatan Gunung Sindur, situ Cicau Cigadung Kecamatan Klapanunggal, situ Rawa Jaler Kecamatan Cileungsi, situ Cijantung Kecamatan Cibinong, situ Cipambuan Hilir Kecamatan Babakan Madang, situ Cijujung Kecamatan Sukaraja, dan situ Leuwi Nutug Kecamatan Citeureup.

Kepala seksi pemeliharaan irigasi dan sumber daya air pada Dinas Bina Marga dan pengairan Kabupaten Bogor, Agus Rejeki Nusantara mengetahui kondisi tersebut namun tidak bisa mengambil tindakan apapun karena terganjal kewenangan pengelolaan situ.

"Kewenangan pengelolaan situ ada di Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane Kementerian PU, sesuai dengan Undang-Undang nomor 17/2004 yang menyebutkan kewenangan pengelolaan situ ada di pusat," katanya di Cibinong, Kamis.

Dikatakannya, ke 13 situ tersebut mengalami kebocoran, kerusakan bendungan dan pedangkalan. Akibatnya, situ  tidak lagi bisa menampung air bahkan ada beberapa diantaranya yang menjadi cekungan kering karena tidak lagi berisi air.

"Kita bisa mengambil langkah-langkah konkrit untuk menjaga kelestarian situ, seperti melakukan pembersihan gulma dan merenovasi badan situ. Namun itu tidak bisa karena pengelolaan ada di tingkat pusat," katanya.
(*)

 



Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011