Ini menjadi bagian kepedulian kita terhadap lingkungan. Situ bermanfaat bagi kita untuk menjaga ketersediaan air saat kemarau dan mencegah banjir di musim hujan
Cibinong, Kabupaten Bogor (ANTARA) - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar aksi bersih-bersih bertajuk "Forkopimda Caring of Nature" di Situ Pemda, Cibinong, Bogor, Sabtu.

"Ini menjadi bagian kepedulian kita terhadap lingkungan. Situ bermanfaat bagi kita untuk menjaga ketersediaan air saat kemarau dan mencegah banjir di musim hujan," kata Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto usai aksi bersih-bersih.

Ia yang juga melibatkan berbagai instansi dalam aksi tersebut, mengajak masyarakat untuk ikut menjaga situ yang menjadi salah satu ikon daerah berjuluk "Bumi Tegar Beriman" ini.

"Sejak beberapa hari ini kita bersama bersih-bersih. Terima kasih kepada pekerja dari berbagai elemen yang ikut serta, dari unsur pemerintah, dari kepolisian, Pramuka, pegawai DPRD, dan semua pihak," katanya.

Ia menginginkan Pemkab Bogor secepat mungkin memanfaatkan puluhan situ yang ada di Kabupaten Bogor sebagai destinasi wisata murah dan ramah.

Menurutnya, Situ Pemda yang berada tepat di belakang Kantor DPRD Kabupaten Bogor, dapat diakses masyarakat untuk rekreasi setiap akhir pekan, dari kantornya tersebut.

"Kantor DPRD Kabupaten Bogor ini bersebelahan langsung dengan taman Situ Plaza Cibinong dan Situ Pemda ada di belakang. Saya ingin situ tampak bersih terus. Kalau memungkinkan untuk adanya anggaran rutin untuk pemeliharaan bisa kita bahas bersama. Harapan saya juga, Kantor DPRD ini terbuka untuk umum terutama saat akhir pekan, jadi masyarakat bisa main ke taman, sekaligus ke DPRD yang juga ada tamannya," katanya.

Ke depan, kata Rudy Susmanto, fasilitas di DPRD Kabupaten Bogor akan terus dilengkapi, agar bisa menjadi perkantoran, sekaligus ruang terbuka yang bisa dijadikan masyarakat bercengkerama bersama keluarga.

Sementara itu Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanudin yang turut hadir dalam aksi bersih situ, menurunkan satu unit jet ski untuk menambah fasilitas Situ Pemda.

Ia berharap Situ Pemda bisa dimanfaatkan oleh komunitas olahraga air, seperti jet ski, perahu daging, kano, dan lainnya.

Situ Pemda yang berada di tepian Jalan Tegar Beriman ini, sudah cukup lama dalam kondisi kotor. Baik itu sampah maupun gulma yang semakin banyak dari hari ke hari. Sehingga pemandangan dari taman Situ Plaza Cibinong pun menjadi tidak elok.

Akhirnya, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor menggagas membersihkan situ secara gotong royong, bersama DPRD, BPBD, TNI/Polri, hingga para relawan yang dilakukan sepekan terakhir.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin menyatakan Pemkab Bogor masih mencari cara agar situ tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik ke depannya. Forkopimda Caring of Nature ini pun, menjadi langkah awal untuk pemanfaatan situ ke depan.

"Situ Pemda ini ada di pusat Pemerintahan Kabupaten Bogor. Sudah ada taman Situ Plaza Cibinong, tapi masih terlihat kumuh sebelum dibersihkan. Mudah-mudahan jika sudah bersih masyarakat bisa melihat, lalu ikut menjaga kebersihannya," katanya.

Menurutnya, Situ Pemda dan situ lain yang ada di Kabupaten Bogor harus dimanfaatkan dengan baik, sebagai ekowisata yang dapat dinikmati oleh masyarakat, sekaligus membangkitkan perekonomian pasca Pandemi Covid-19 dua tahun terakhir.

"Pasti akan dimanfaatkan. Tapi kita lihat dulu apa yang akan dilakukan kita masih kaji, baik dari risiko hingga kemanfaatan, termasuk infrastruktur pendukungnya seperti lahan parkir dan lainnya karena akan banyak didatangi masyarakat. Terlebih ini ada di pusat kota sehingga harus direncakan secara matang," kata Burhanudin.

Selain dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Bogor dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Forkopimda Caring Nature ini juga dihadiri oleh Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Dandim 0621/Kabupaten Bogor, Letkol (Kav) Gan Gan Rusgandara, Kepala DPKPP Ajat Rochmat Jatnika serta beberapa anggota DPRD Kabupaten Bogor, seperti Usep Supratman, serta Andi Lesmana.

Baca juga: 13 Situ Kabupaten Bogor Rusak

Baca juga: Bupati Bogor tugaskan Kepala DLH baru atasi pencemaran Situ Citongtut

Baca juga: Tujuh situ di Bogor akan direvitalisasi untuk tangkal banjir

Baca juga: Potensi wisata 96 situ di Kabupaten Bogor akan digarap maksimal

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022