Sleman, Yogyakarta (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar, mengunjungi dua posyandu yang terletak di lokasi yang terkena dampak erupsi Gunung Merapi, Magelang, Jawa Tengah.

Kunjungan tersebut dilakukan di dua lokasi yakni Posyandu Anggrek di Desa Argo Mulyo, Kecamatan Cangkringan dan Posyandu Surya Indah di Mranggen, Kecamatan Srumbung, Magelang, Sabtu.

"Indonesia pada akhir tahun lalu dilanda bencana erupsi Gunung Merapi yang telah merusak banyak posyandu," katanya.

Untuk itu Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak akan mendorong tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate social responsibility (CSR) untuk perbaikan posyandu-posyandu di lokasi bencana.

"Kami akan berupaya mendorong CSR perusahaan-perusahaan swasta untuk perbaikan posyandu-posyandu yang rusak di wilayah pascabencana," katanya.

Menurut menteri fungsi posyandu di lokasi pascabencana bukan hanya untuk memberi pelayanan bagi anak, namun juga para lansia dan program pemulihan dari trauma (trauma healing).

Sementara itu, Posyandu Surya Indah merupakan contoh dari CSR salah satu perusahaan swasta yakni Nestle.

"Saya harap kedepannya semakin banyak perusahaan swasta yang mengalokasikan CSR nya untuk peningkatan dan perbaikan posyandu di lokasi pascabencana dan juga di wilayah lainnya di Indonesia," katanya menambahkan.
(T.W004)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011