Minggu, 26 Oktober 2014

Wamenhan Sjafrie Kunjungi Prajurit TNI di Lebanon

| 2.520 Views
id unifil, garuda konga, wamenhan sjarie samsoeddin
Wamenhan Sjafrie Kunjungi Prajurit TNI di Lebanon
ilustrasi(ANTARA/SAPTONO) )
Surabaya (ANTARA News) - Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin dan istri Etty Sjafrie Samsoeddin melakukan kunjungan ke Markas Satgas Yonif Mekanis Kontingen Garuda (Konga) XXIII-E/UNIFIL yang berkedudukan di Adshit Al Qusayr UN POSN 7-1, Lebanon Selatan.

Perwira Penerangan Indonesian Batallion atau Indobatt Mayor Pasukan Banu Kusworo kepada ANTARA melalui surat elektronik dari Lebanon, Sabtu, melaporkan Wamenhan beserta istri tiba di Markas Indobatt pada Kamis (7/4) pukul 12.35 waktu setempat bersama Pangkostrad Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo dan istrinya Kiki Gayatri Pramono Edhie Wibowo.

Tampak pula Irjen Kemhan Laksdya TNI Gunadi, Dirjen Strahan Mayjen TNI Puguh Santoso, dan Dirut PT Pindad Adik Avianto Soedarsono. Mereka datang dengan menggunakan Helikopter PBB jenis MI-8 dengan nomor registrasi UN 298.

Turut mendampingi Wamenhan, Duta Besar RI untuk Lebanon H.E Dimas Samodra Rum, Atase Pertahanan RI di Kairo Kol Laut (P) R. Teguh Isgunarto dan istri, Komandan Kontingen Indonesia Kol Pnb Yulianta, Wadan Sektor Timur Kol Laut (E) Joko Edi S dan Komandan SEMPU Letkol Cpm Dwi Prasetyo.

"Maksud dari kunjungan itu untuk meninjau secara langsung kegiatan prajurit TNI yang saat ini sedang menjalankan misi sebagai pasukan penjaga perdamaian di Lebanon serta melihat apakah terdapat kendala-kendala yang dihadapi selama pelaksanaan tugas di lapangan," katanya.

Sebelum ke Markas Indobatt , Wamenhan Sjfrie sempat melakukan kunjungan kehormatan ke Markas UNIFIL dan bertemu dengan UNIFIL FC (Force Commander), Mayjen Alberto Asarta Cuevaz.

Kepada Wamenhan, UNIFIL FC Mayjen Alberto Asarta Cuevaz menyampaikan pujian kepada TNI atas prestasi yang ditunjukkan oleh Indobatt selama memasuki bulan kelima ini.

Kedatangan Wamenhan beserta rombongan disambut langsung oleh Komandan Indobatt Letkol Inf Hendy Antariksa didampingi Wadan Letkol Mar Harnoko dan para perwira staf.

Sesampainya di markas Batalyon, Wamenhan disambut jajar kehormatan yang kemudian dilanjutkan dengan menerima paparan Komandan Indobatt tentang ruang lingkup kegiatan mereka di ruang rapat Batalyon.

Setelah menerima paparan, Wamenhan beserta rombongan menuju ke Lapangan Parade Soekarno untuk melihat kesiapan personel dan material yang digunakan oleh prajurit TNI dalam melaksanakan tugas.

Material tersebut meliputi ranpur, ranri, ambulan, "smart car", senjata, amunisi alkom, alat optik, alkes, dan material pendukung lainnya.

Wamenhan melakukan dialog dengan prajurit yang mengawakinya serta menyempatkan diri mencoba mengendarai "smart car" yang digunakan oleh staf CIMIC Indobatt sebagai perpustakaan keliling.

Pada kesempatan itu, Wamenhan memberikan beberapa arahan kepada para prajurit Indobatt . Sjafrie menyampaikan salam kebanggaan kepada seluruh prajurit dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Menhan Purnomo Yusgintoro , dan Panglima TNI.

"Indobatt adalah etalase dari Trimatra TNI yang bergabung menjadi satu untuk mengangkat harkat martabat RI dan sebagai tulang punggung Pasukan Penjaga Perdamaian dunia yang dibebankan oleh negara kepada TNI," katanya.

Oleh karena itu, seluruh prajurit wajib mempertahankan predikat positif yang telah diraih dan meningkatkan prestasi serta terus berkreasi.

Wamenhan juga memberikan kesempatan kepada Pangkostrad untuk memotivasi dan berdialog secara langsung dengan para prajurit.

Pangkostrad berpesan kepada seluruh prajurit agar mampu beradaptasi dengan daerah operasi dan terus mengembangkan inovasi serta kreatifitas.

"Apa yang kalian lakukan adalah kebanggaan kami semua di Indonesia," tegasnya.

Mengakhiri kunjungan itu, Menhan memberikan bingkisan pertama yang disampaikan Pangkostrad kepada Wadan Sektor Timur, Komandan Indobatt dan Komandan SEMPU.

Bingkisan kedua datang dari Ibu Ani Yudoyono, berupa bantuan buku-buku untuk melengkapi "smart car" yang diberikan oleh istri Wamenhan kepada Komandan Indobatt .

Bingkisan ketiga berupa batik dari Ibu Wamenhan yang diberikan kepada penerjemah lokal Ny Amal, sedangkan bingkisan terakhir berupa bantuan mainan anak-anak sebagai sarana kontak staf CIMIC dari Ibu Wamenhan yang diberikan kepada Kasi CIMIC Mayor Arh Sukma Yudha.

Sebelumnya (5/4), Komandan Satgas Yonif Mekanis Kontingen Garuda (Konga) XXIII-E/UNIFIL atau Indobatt Letkol Inf Hendy Antariksa menghadiri "Medal Parade" di atas geladak KRI Frans Kaisiepo-368, yang bersandar di pelabuhan Beirut, Lebanon. Namun penyematan medali dipimpin langsung oleh Komandan Maritime Task Force (MTF)/UNIFIL Rear Admiral Luiz Henrique Caroli.  (S023/E011/A011/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga