Birmingham (ANTARA News) - Tornado dan badai menewaskan 45 orang di Alabama pada Rabu, menurut pemerintah, sehingga menjadikan jumlah korban tewas akibat badai dan banjir di seluruh wilayah selatan AS itu sedikitnya 66 selama tiga hari terakhir.

"Kantor EMA (lembaga pengelolaan darurat) dapat mengkonfirmasikan bahwa 45 orang telah tewas terkait badai hari ini di Alabama," kata Yasamie Agust, juru bicara Badan Manajemen Darurat Alabama, kepada Reuters.

Lima belas orang tewas di Tuscaloosa, pusat Alabama barat, katanya menambahkan.

Menurut laporan AFP dari Chicago, badai kuat itu mengoyak seluruh wilayah tengah dan selatan Amerika Serikat dan telah menewaskan sedikitnya 25 orang selama 24 jam terakhir di negara bagian Alabama, menurut para pejabat darurat kepada AFP, Rabu.

Sampai pada pukul 00.30 waktu setempat Kamis jumlah korban tewas meningkat dari enam orang seperti yang dilaporkan oleh para pejabat negara bagian itu sebelumnya, sehingga menjadikan total korban tewas akibat badai tersebut mencapai setidaknya 44 di Amerika Serikat.

Badai besar musim semi itu telah membanjiri wilayah Amerika tengah dengan beberapa hari hujan berat serta angin puyuh yang mematikan mengggenangi jalan-jalan, merobohkan tiang-tiang listrik dan meluluh-lantakkan sejumlah bangunan.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011